Tryout Amburadul, Kemenang; Sudah Lapor Kanwil Jatim

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan. Tryout Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk MTs/MA yang diselengarkan pada tanggal 11-14 Febuari 2019 di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) Kanwil Jawa Timur, mengalami berbagai masalah di Tuban.

Proktor Madrasah Aliyah Al Falah, Sadid menjelaskan, pada waktu ujian tryout berlangsung server dan soal atau jawabannya tidak muncul.

"Server seharusnya aktif, tiba-tiba kondisi keadaan stand-by baik warna biru maupun kuning dan kadang menyebabkan soal atau jawaban tidak muncul," ungkap Sadid.

Lebih lanjut, ia menambahkan, permasalahan pada mata pelajaran bahasa inggris dan matematika. Apabila, siswa klik tombol listening soal bahasa inggris tidak muncul suara dan pada pelajaran matematika ada soal tapi tidak ada isi jawaban, hanya ada huruf a-e sebaliknya ada jawaban tidak ada soalnya.

"Semua siswa mengalami hal tersebut untuk pelajaran bahasa inggris dan matematika," ungkapnya.

Hal senada juga di alami MA Salafiyah Kerek. Proktor MA Salafiyah Kerek, Sahri mengatakan, dengan kondisi server dan soal yang sangat amburadul ini sangat mengecewakan. Ia berharap, agar hal ini tidak terulang lagi dimasa yang akan datang.

"Panitia Kanwil seharusnya mencari aplikasi yang benar-benar telah teruji," ungkap Sahri

Sehubungan dengan adanya laporan tersebut, pihak Kementerian Agama Kabupaten Tuban mengatakan, Sulikah menjelaskan, tryout yang berlangsung pada tanggal 11-14 Febuari 2019 seharusnya merupakan simulasi, akan tetapi karena waktu Ujian Akhir Sekolah Berstand Nasional (UASBN) semakin dekat di rubah menjadi tryout serentak.

"Kami sudah medapat laporan dan akan kami sampaikan kepada pihak Kanwil Jatim, dan saat ini Kasi kami sudah ke Surabaya," ungkap Pelaksana Ujian MA/MTs Kemenang, Sulikah. [nid/rom]