Modeling, Upaya Perpusda Tingkatkan Minat Baca

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Untuk pertama kalinya,  setelah melakukan launching program Mobil Dongeng Keliling (Modeling) pada hari minggu lalu (10/2/2019). Pagi tadi,  Selasa (12/2/2019) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban melakukan Modeling ke Taman Kanak-Kanak (TK) Adyaksa IV B, yang berlokasi di Jalan Pramuka.

Kepala Bidang (Kabid) Perpustakan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuban,  Rahayu Supriyati, mengatakan, Modeling merupakan salah satu program inovasi terbaru dari Dinas Perpustakan dan Kerasipan Kabupaten Tuban, khususnya bidang perpustakan yang berkerja sama dengan komunitas  pendongen Tuban. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak mulai dini.

"Sasarannya anak TK dan SD, karena daya ingat mereka lebih kuat," ungkap Rahayu. 

Lebih lanjut, kegiatan ini dilakukan di wilayah Kota, selanjutnya akan dilakukan di setiap kecamatan yang ada di Tuban. Ia berharap, nantinya para orang tua memberikan dongeng kepada anak sebelum tidur, karena dapat mesetimulisasi otaknya dan juga dapat membantu mebentuk karakter anak.

"Membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak, sangat banyak manfaatnya," ungkapnya. 

Hal senada juga diungkapkan, Kepala Taman Kanak-Kanak, Susi Sulistyawati, dirinya mengaku sangat senang dengan adanya program dari Perpustakan yang langsung turun ke lapangan dengan mendatangi setiap sekolah-sekolah.

"Buku merupakan gudang ilmu untuk untuk menambah wawasan, cara seperti ini tentunya sangat disukai anak-anak," ungkapnya. [nid/col]