Lebih Tenang Punya JKN-KIS

Reporter: -

blokTuban.com - Suatu kebahagiaan tersendiri dikaruniai seorang anak yang lahir dengan lancar dan sehat. Seperti yang dialami oleh Fonda (34 tahun). Ibu rumah tangga yang memiliki usaha  catering telah melahirkan seorang bayi laki – laki anak ke 3 nya dengan selamat, lancar dan sehat. 

“Awal mula saya merasakan mules kontraksi yang hebat mbak langsung saya dilarikan ke RSNU Tuban. Pas sesampainya di RS ketuban saya pecah. Tapi alhamdulilah saya bisa lahiran dengan normal dan anak saya lahir dengan sehat utuh tidak kurang satu apapun. Saya menyesal kenapa tidak dari dulu saja saya ikut BPJS Kesehatan, manfaatnya benar – benar saya rasakan ketika saya melahirkan anak ke tiga saya kemarin,” papar Fonda. 

Fonda memang baru saja bergabung ke BPJS Kesehatan pada segmen mandiri kelas III pada bulan September tahun lalu. Fonda merasa paling nyaman mendapatkan pelayanan di RS Nahdlatul Ulama Tuban dari awal masuk sampai waktu penanganan bersalin.

Menurut dia, kamar rawat inap juga semuanya dirasa nyaman. Fonda merasa sangat puas. Bagi sebagian orang merasa bahwa mendapatkan perawatan kelas III sangatlah tidak nyaman sebab kamar rawat inap yang harus berdampingan dengan pasien lain.

Namun hal ini tidak berlaku untuk Fonda. Justru Fonda merasa sangat senang bisa berbagi cerita dan keluh kesah dengan pasien lain nya yang berada dalam satu kamar rawat inap bersamanya. 

“Bagi saya mendapat perawatan di kelas III ini malah nyaman mbak karena saya merasa tidak sendirian dan banyak dapat dukungan dari teman – teman sebelah ranjang saya mbak,” tuturnya. 

Pada waktu yang sama, Fonda juga membagikan kisahnya ini pada teman sebelah ranjangnya pada saat didalam kamar rawat inap. 

"Tapi kemarin banyak ketemu pasien yang mengira pengurusan BPJS Kesehatan ini susah mbak. Ya saya kasih tahu kalau tidak ribet sama sekali mengurusnya persyaratan juga mudah dan memang benar - benar bermanfaat membuat hidup tenang karena sudah memiliki jaminan kesehatan seperti yang diberikan oleh BPJS Kesehatan," ujar Fonda. 

Fonda juga memberikan masukan untuk masyarakat di seluruh Indonesia agar tidak malas – malasan mendaftarkan dirinya kedalam Program JKN ini. 

“Jika memang kita tidak menggunakan maka itu lebih baik sebab kita dikaruniai kesehatan oleh Allah dan iuran kita ini bisa dipakai untuk membantu masyarakat lain yang sedang membutuhkan dan yang sedang sakit,” tutup Fonda.[*/ono]