Proyek Stadion Tahap II Diminta Tak Molor

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Proyek stadion tahap II di tahun 2019 sudah selesai ditenderkan. Pemkab Tuban, Jawa Timur meminta kontraktor pemenang untuk menyelesaikan proyek tepat waktu, sehingga bulan Juli-Agustus bisa dipakai untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, berharap tak ada keterlambatan pengerjaan seperti tahap I tahun 2018 lalu. Pagar, tempat parkir, saluran drainase, dan kelengkapan lainnya merupakan target pembangunan stadion terbesar di Bumi Wali tahun ini.

"Kita akan pantau terus supaya bisa sesuai rencana," ujar politisi asal Kecamatan Rengel, kepada blokTuban.com, Selasa (12/2/2019).

Wabup petahana menjelaskan, di APBD 2018 Pemkab menggelontorkan anggaran Rp60 miliar untuk Stadion. Rinciannya Rp1 miliar untuk konsultan, setelah dilelangkan muncul angka Rp942.000.000. Konstruksi dijatah Rp59 miliar, dan setelah dilelang muncul nominal Rp58,3 Miliar.

Tahun 2019 disiapkan anggaran Rp14 miliar. Dimana Rp10 miliar untuk jalan keluar masuk lingkungan stadion, parkir, dan penyelesaian ruang dua dan tiga. Sedangkan Rp1 miliar untuk PJU lahan 11,2 hektare, dan Rp3 miliar untuk pagar dan drainase.

Data dari berbagai sumber, beberapa rekanan yang terlibat pembangunan Spot Center Tuban. Untuk rekanan gambar PT Handal Nasa Kedaton Surabaya (Kerjasamanya dengan Dinas Pendidikan Tuban). Review desain oleh CV Contoh Karya Mandiri (hasilnya 3D). Ini desain masih digeser 7 derajat.

Terakhir PT Tejacipta Rekasarana Surabaya (Konsultan Manajemen Kontruksi (MK)). Adapun beberapa rekanan konstruksi stadion belum terdeteksi, yang terakhir adalah PT Widya Satria. Untuk pemenang tender stadion di tahun 2019 juga belum dibeber ke media. [ali/col]