Dibalik Kesuksesan FWKK 2018 Tuban, Sabet Penghargaan Pelaksanaan Terbaik

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Festival Wira Karya Kampung Kelir (FWKK) Pramuka Zona Tuban-Bojonegoro yang giatnya dipusatkan di Desa Gununganyar, Kecamatan Soko pada akhir Agustus 2018 kemarin, rupanya mendapatkan predikat khusus di mata Kwarda Jawa Timur (Jatim).

Tak tanggung-tanggung, segenap partisipan FWKK 2018 dibuat haru sebab Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jatim memberikan predikat Pelaksana Terbaik FWKK Pramuka Jatim 2018 kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban.

Lebih dari itu, sementara penghargaan prestasi sudah diraih, sejumlah panitia pada pelaksanaan FWKK lalu sempat tak percaya atas apa yang didapat dari hasil kerjanya. Akan tetapi semua itu cepat dikuatkan oleh Humas Kwaran Soko, Didik ketika berkesempatan dalam satu forum bersama Kwarda Jatim beberapa waktu lalu.

"Kita dapat penghargaan sebagai Pelaksanaan Terbaik FWKK. Memang pelaksanaannya di Soko, dan diberikan kepada Kwarcab Tuban. Ternyata satu poin yang jadi pertimbangan nilai, sinergisitas partisipasi antar lini," ujar Didik kepada blokTuban.com.

Lelaki yang saat pelaksanaan FWKK sebagai penanggungjawab kegiatan itu menegaskan, sinergisitas antara lini, baik hubungan dan komunikasi antara pengurus Kwarcab Tuban, Kwaran Soko, dan peserta, hingga sinergi dari Pemerintah Kecamatan Soko, Pemerintah  Kabupetan, berikut Pemerintah Desa Gununganyar dan masyarakatnya, tak akan lagi bisa ditemui selain pada Pramuka Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban.

Klarifikasi tersebut didapatkan Didik dari pihak Kwarda Jatim ketika pembahasan FWKK Zona Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Ngawi, yang juga akan digelar di wilayah Srambang Kabupaten Ngawi pada 16 Maret 2019 mendatang.

"Kita bukan peraih hasil terbaik, tapi pelaksana terbaik. Hasil terbaik didapat wilayah yang memang semua sudah mendukung, baik dari suasana dan strategis tempat. Sedangkan Tuban, lebih solid ke sinergitasnya hubungan antara semua partisipan FWKK sangat baik," ulas lelaki yang tengah sibuk mebingkaikan kualitas Pramuka Kwarcab Tuban pada aspek Bina Muda.

Maka dari itu, pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap instansi, kelompok maupun perorangan yang andil dalam mensukseskan FWKK Zona Tuban-Bojonegoro kemarin.

"Kesuksesan ini bukan milik Cabang, bukan juga Ranting. Akan tetapi milik semuanya, terkhusus semua yang terlibat dalam giat FWKK 2018 lalu," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/rom]