3 Penyakit Penyebab Kematian Paling Banyak

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam upaya meningkatkan kualitas gaya hidup sehat, pemerintah pusat terus melesakkan program kerja, salah satunya sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Seperti yang nampak pada aktivitas warga sekitar Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Sabtu (9/2/2019) pagi ini. Mereka tampak antusias mengikuti sosialisasi Germas yang disampaikan langsung oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur (Jatim), beserta Dinkes Kabupaten Tuban.

Mengawali penjelasan tentang Germas, Kemenkes RI yang diwakili oleh Dr. Ir. Candra Rudyanto, MPh membuka dengan pola aktivitas sekaligus sejumlah penyakit umum yang mengakibatkan kematian paling banyak di kalangan masyarakat.

"Yang tertinggi dari 10 penyakit penyebab kematian, pertama stroke, penyakit jantung, dan diabetes," ujar Dr. Candra kepada peserta sosialisasi Germas.

Masih kata Dr. Candra, penyakit stroke yang dipicu oleh tekanan darah tinggi, serangan jantung, hingga kadar gula berlebih sehingga mengakibatkan diabetes, disebabkan oleh pola makan tak teratur. Maka dari itu, pentingnya menjaga kesehatan melalui pola makan sangat penting untuk kesehatan keluarga.

"Penyakit itu yang paling mendominasi, bahkan tak kenal usia. Selain orang tua, anak-anak juga sudah mulai terserang penyakit itu," jelasnya.

Oleh sebab itu, faktor resiko, penyebab penyakit, perilaku hidup, sampai pola makan, menjadi pertimbangan khusus untuk mempengaruhi kesadaran masyarakat lebih memperhatikan pentingnya kesehatan.

"Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, bisa untuk membentengi penyakit," katanya mengimbau.

Lebih lanjut, pihaknya berharap agar setelah dapat sosialisasi Germas ini, masyarakat umum di Kabupaten Tuban khususnya di Kecamatan Rengel bisa menerapkan pola hidup sehat, dengan menjaga lingkungan, berolahraga, dan rajin cek kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali. [feb/rom]