Hujan Deras, Banjir Mulai Sapa Desa Sandingrowo

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Hujan deras dengan intensitas tinggi pada kemarin malam menyebabkan sejumlah wilayah sungai anakan meluap, salah satunya di Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko. Alhasil, sejumlah rumah berikut lahan pertanian warga terkepung air.

Pantauan blokTuban.com di sekitaran kali avur Desa Sandingrowo menunjukkan, luapan air yang berasal dari kali Wedi yang ada di perbatasan Desa Sandingrowo dan Sokosari, mengepung rumah warga di sekitar Balai Desa setempat.

"Hujan tadi malam kan deras, makanya sampai besar dan hampir banjir begini. Ini juga tambah besar kelihatannya," tutur Siti Kholifah, warga Dusun Semanding, Desa Sandingrowo, Kecamatan Soko, Jumat (8/2/2019).

Ditambahkannya lagi, banjir juga merendam sawah-sawah milik warga. Sebab tampungan Kali Wedi jebol, dan meluber sampai memberi dampak ancaman banjir Desa Sandingrowo.

"Rumah di depan Balai Desa sudah dikeringkan air. Sawah petani juga habis di tengah banjir, padahal belum ada seminggu tanamnya," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dusun (Kadus) Semanding, Desa Sandingrowo, Eko Sugiarto mengatakan bahwa tanaman padi yang baru ditanam para petani juga terkena imbas, dengan luasan kurang lebih 25 hektar lahan pertanian.

"Pemerintah Desa juga sudah membuat penahan, memakai bambu tapi belum juga kuat. Harapannya kedepan, agar pemerintah daerah berupaya untuk membuat penahan yang permanen agar kejadian ini tidak terulang lagi," ungkapnya. [feb/rom]