Dinkes Sosialisasi Cara Hindari Stres dan Hadapi ODGJ

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban bersama Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi, menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Asrama Haji Tuban, Kamis (7/2/2019).

Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, acara ini bertujuan agar masyarakat paham pentingnya peran masyarakat mengelola kesehatan jiwa masing-masing. Di antaranya memberikan pembekalan bagaimana cara mengelola pikiran agar terhindar dari stress.

"Selain itu juga agar masyarakat menghindari stigma negatif pada Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ)," ungkap Endah. 

Lebih lanjut, ia berharap setelah adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat merubah sudut padangannya terhadap penderita ODGJ dan memperlakukan mereka sebagaimana mestinya. Selain itu juga memberikan suport kepada penderita yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Dengan dukungan masyarakat yang baik kepada penderita, penderita akan lebih cepat sembuh," ungkapnya. 

Acara ini mendapat respon positif dari masyarakat, salah satunya Wawan (23) warga asal Kecamatan Semanding. Dia mengaku dengan acara ini bisa menambah pengetahuan mengenai kesehatan jiwa dan juga cara-cara mengatisipasi stres. 

"Menjadi lebih paham bagaimana cara mengantisipasi dan juga menghindari stres," ungkap Wawan. 

[nid/lis]