Disnakkan: Pedagang Lebih Awal di PIT, Bagian dari Strategi

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Keberadaan beberapa pedagang yang sudah membuka lapak di Plaza Ikan Tuban (PIT) meski belum diresmikan diklaim sebagai strategi rekrutmen pedagang oleh pihak Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Tuban.

Kepala DisnakkN Kabupaten Tuban, M. Amenan mengatakan, untuk menarik pedagang ikan agar mau berjualan di dalam lapak khususnya di bagian ikan segar Disnakkan menggunakan pola penetrasi awal. 

"Tujuannya sebelum bangunan jadi sudah ada pedagang yang nantinya mengisi lapak dengan harapan saat soft lunching pada tanggal 25 dan 26 Febuari secara alami sudah berjalan proses jual dan beli. kebanyakan saat soft lunching proses dagangnya masih formalitas, kalau kita inginnya sudah berjalan sebagi mana mestinya," ungkap Amenan. 

Lebih lanjut, sebelum ada pembangunan pihak Disnakkan sudah membut kesepakatan dengan pedagang pasar ikan bahwa nanti diutamakan pedagang lama. Selain itu, pihaknya juga akan berupaya agar para pedagang menjad kebersihan diri dan juga lapak mereka agar para pembeli nyaman saat bertransaksi di PIT.

"Nantinya kami akan melakukan pendekatan dengan pedagang,  untuk merubah sikapnya terutama dari segi kebersihannya," ungkapnya. [nid/col]