Begini Tips Pencegahan DBD dari Dinkes Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Endah Nurul Khomariyati menuturkan, jika peran serta masyarakat dalam melakukan upaya pengendalian penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sangatlah diperlukan.

Oleh sebab itu, dia berharap partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk dan meningkatkan kebersihan di lingkungan sekitar.

"Pengendalian DBD yang paling efektif adalah dengan pemberantasan sarang nyamuk dan meningkatkan kebersihan lingkungan, maka dari itu perlu peran serta dari masyarakat jangan hanya menunggu dari petugas," terang Endah saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Pada kesempatan ini, Endah juga membagikan tips-tips pencegahan DBD, di antaranya, masyarakat agar menggunakan lotion anti nyamuk atau melakukan penyemprotan nyamuk di dalam rumah serta memanfaatkan teknologi tepat guna Larvitrap. 

Kemudian, memberantasan sarang nyamuk di rumah masing-masing dan lingkungan sekitarnya dan mengaktifkan kembali gerakan satu rumah satu Jumantik sebagai pemantau jentik. 

"Lakukan Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan menguras, menutup dan mengubur (3 M) Plus, minimal 1 minggu sekali. Segera ke Puskesmas atau Rumah Sakit (RS) terdekat bila timbul gejala DBD," ujarnya. [hud/col]