Proses Pencairan DD Tahap I Baru 80%, ADD 30%

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Hingga sampai akhir Januari 2019, desa yang melakukan proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap 1 di Kabupaten Tuban lebih lambat dibandingkan dengan proses pencairan Dana Desa (DD) tahap 1.

Berdasarkan data yang dihimpun blokTuban.com, pada akhir bulan Januari 2019 desa yang telah melakukan proses pencairan Dana Desa (DD) tahap I telah mencapai 80 persen. Sedangkan, desa yang telah melakukan proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I baru mencapai 30 persen.

"Pencairan DD tahap I sudah 80 persen, untuk pencairan ADD tahap I baru 30 persen," terang Kasi Fasilitasi Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa, Anik Rahma Maharotul Faiqoh, Kamis (31/1/2019).

Menurut Anik, pada tahapan pencairan DD kali ini masih ada lima desa dari dua kecamatan di Bumi Wali Tuban yang belum melakukan proses pncairan DD. Lima desa tersebut berada di Kecamatan Soko dan Plumpang.

"Lima desa di Kecamatan Soko dan Plumpang sudah proses mengajukan pencairan DD tahap I, tapi masih ada berkas yang masih kurang," imbuh Anik.

Sedangkan ditambahkan Anik, untuk proses pencairan ADD tahap I hampir seluruh kecamatan ada yang belum mencairkan ADD tahap I, karena masih proses koreksi berkas pengajuan dan masih menunggu realisasi laporan APBDes tahun lalu. [hud/rom]