Siapkan Duta Tari Tuban, Disparbudpora Buka Pendaftaran
Reporter: M. Anang Febri
 
blokTuban.com - Dalam upaya meningkatkan potensi kebudayaan lokal, Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban terus melakukan penjaring bakat potensial. Berkenaan dengan itu, Disparbudpora membuka pendaftaran dan seleksi pemilihan penari daerah Kabupaten Tuban 2019.
 
Data yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 10 Januari, dan ditutup sampai dengan 19 Februari 2019 mendatang. 
 
Disparbudpora melalui Bidang Kebudayaan, bagian Pengembangan Pelestarian Budaya, Eko Wardoyo dalam hal itu menjelaskan, tahap pemilihan duta tari Tuban dirangkum dalam bentuk Kompetisi dan festival. Yang mana setelah itu pemenangnya akan dikirim ke tingkat Provinsi maupun Nasional. 
 
"Pelaksanaanya nanti tanggal 24 Februari, skupnya umum wilayah Kabupaten Tuban," papar Eko kepada blokTuban.com, Rabu (30/1/2019).
 
Ditambahkannya lagi, peserta yang ingin mengikuti seleksi dan pendaftaran bisa langsung datang ke kantor Disparbudpora, Jl. Manunggal No.21 atau bisa mendaftar online melalui situs resmi di website, Facebook, maupun Instagram Disparbudpora.
 
"Pesertanya umum. Dari sekolah, umum, sanggar umum, sanggar sekolah, semua bisa," jelasnya.
 
Selain itu, program terkait pemilihan penari daerah Kabupaten Tuban tadi direncanakan berlanjut. Baik pembinaan, pelatihan, serta penelitian karya akan terus dioptimalkan demi mewujudkan kebudayaan lokal Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban.
 
"Nanti bisa diikutkan FKP, Festival Karya Tari, tingkat Provinsi sampai Nasional," pungkasnya. [feb/ito].