Gelombang Tinggi, Harga Ikan Laut Melambung

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Gelombang tinggi dan angin kencang yang terjadi akhir - akhir ini, menyebabkan nelayan berhenti melaut.  imbasnya harga ikan melambung naik. Salah satunya di pasar Baru Tuban.

Pedagang ikan laut di Pasar Baru Tuban, Musriah (48) mengatakan, sudah satu minggu semenjak gelombang laut tinggi harga ikan laut naik. Seperti, harga ikan kembung yang biasanya per kilogram 12 ribu sekarang menjadi 15 ribu,  ikan tongkol 17 ribu sekarang naik menjadi 25 ribu dan udang 25 ribu naik menjadi 30 hingga 35 ribu.

"Hampir semua jenis ikan naik semua," ungkap Musriah.

Hal senada juga diungkapkan pedagang ikan laut lainnya, Murwati (50) mengatakan, ada beberapa jenis ikan laut yang mulai susah dicari seperti cumi - cumi dan rajungan. Alhasil, harga kedua ikan tesebut melambung tinggi. Selain itu ia menambahkan dengan adanya kenaikan ikan laut, mepengaruhi penurunan daya beli konsumen.

"Biasanya beli 1 kilogramnya, sekarang cuma beli setengah kilo,"ungkap Murwati.

Terpisah,  nelayan asal Desa Palang,  Kecamatan Palang, Anas (26) mengaku mendapat himbauan dari BMKG yang di peroleh dari internet. Bawasanya untuk satu minggu ini,  kondisi laut di sekitar Tuban dipredisikan terjadi gelombang tinggi dan angin kencang.

"Kemarin dapat himbauan dari  BMKG, makanya berhenti melaut,"ungkapnya. [nid/ito]