Sementara, Tabloid Indonesia Berkah Terdeteksi Tersebar di 6 Kecamatan

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tuban bersama Porles Tuban, berhasil mengamankan Tabloid Indonesia Barokah yang sudah tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Dari 20 Kecamatan yang ada di Tuban, Bawasul baru mengetahui jumlah tabloid yang tersebar di 6 kecamatan. 

Devisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Tuban, Ulil Abror Al Mahmud mengatakan, beredarnya Tabloid Indonesia Barokah di berbagai daerah, Bawaslu Jatim mengistrusikan untuk berkodinasi dengan pihak kepolisian. Hal itu guna melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap penyebaran Tabloid Indonesia Barokah yang disinyalir menyudutkan salah satu calon Presiden.

"Hal ini dilakukan, agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat," ungkap Ulil. 

Masih kata Ulil,  pagi tadi (25/1/2019) Porles Tuban berhasil mengamankan 21 eksemplar Tabloid Indonesia Barokah di Kantor Pos Tuban. Selebihnya sudah tersebar di seluruh kecamatan  yang ada di Tuban. Ia menambahkan, hingga saat ini belum mengetahui secara pasti berapa jumlah tabloid yang sudah tersebar maupun yang belum tersebar di wilayah Kabupaten Tuban. 

Menurut Bawaslu, 6 kecamatan tersebut yakni Kecamatan Senori berjumlah 14 eksemplar, Motong berjumalah 36 eksemplar, Bancar berjumlah 65 eksemplar, Jatirogo berjumlah 36 eksemplar, Rengel berjumlah 51 eksemplar dan Parengan berjumlah 30 eksemplar. 

"Ada yang sudah didistribusikan ke alamat tujuan, ada yang masih di kantor pos kecamatan," ungkapnya. [nid/lis]