Regenerasi Petani Minim, Pemuda Kedungsoko Dirikan Kelompok Tani Muda

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa anak muda Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban Jawa Timur mendirikan kelompok tani muda dengan nama “Pemuda Tani Kedungsoko (PETAK)”. Pendirian kelompok tani muda itu dilatarbelakangi oleh kepedulian mereka terhadap regenerasi petani Indonesia. 

Ketua kelompok “Pemuda Tani Kedungsoko (PETAK)”, Sugianto, menekankan tentang pentingnya regenerasi petani di Indonesia. Pasalnya, kemajuan pertanian Indonesia ke depan ditentukan oleh anak-anak muda.

Ia menyebut, industri 4.0 dipastikan akan menyentuh sektor pertanian. Namun, kemampuan untuk mengakses serta menjalankan teknologi pertanian hanya bisa dilakukan oleh para anak muda.

“Anak muda yang pada dasarnya sudah melek teknologi harus memiliki kemampuan untuk menggali budaya tanam nenek moyang, kemudian diterapkan dengan menggunakan kemajuan teknologi seperti sekarang ini,” ujarnya di Tuban, Kamis (24/1). 

Sugianto menjelaskan, berdasarkan data Sensus Pertanian 2013, dari 26.135.469 petani di Indonesia, petani yang berasal dari kaum muda dengan rentang usia 15-35 tahun hanya berjumlah 3.362.884 orang.  

“Dengan kata lain, anak muda yang berprofesi sebagai petani hanya 12 persen,” tuturnya.

Sementara itu, Kasmuni (30) salah satu anggota kelompok “Pemuda Tani Kedungsoko (PETAK)” menyampaikan, banyak anak muda menganggap profesi petani tidak memiliki masa depan yang jelas. 

Menurutnya, anggapan itu adalah hal yang wajar. Pasalnya, kondisi pertanian Indonesia secara umum tidak mendukung bagi kesejahteraan petani. 

“Pupuk mahal dan sulit, harga hasil produksi tidak stabil dan masih panjangnya mata rantai produksi hingga konsumsi dalam pertanian,” paparnya.

Kasmuni berharap pemerintah dapat memberikan jaminan masa depan kepada petani, terutama bagi petani-petani muda, dengan mengeluarkan kebijakan yang benar-benar dapat menstabilkan hasil produksi pertanian.

“Pemerintah harus menyadari pentingnya regenerasi di sektor pertanian dengan memberikan jaminan bahwa bertani adalah profesi yang menjanjikan,” tegasnya.

 Sebagai informasi, “Pemuda Tani Kedungsoko (PETAK)” adalah kelompok tani yang berafiliasi dengan Serikat Tani Nasional. [feb/lis]