Cuaca Buruk, Nelayan Pilih Perbaiki Perahu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Cuaca buruk dan gelombang tinggi yang melanda perairan laut utara pulau jawa mengakibatkan para nelayan di Kelurahan Karangsari, Kabupaten Tuban tidak berani melaut. Mereka memilih untuk beraktifitas di darat, seperti memperbaiki perahu dan jaring.

Salah satu nelayan di Kelurahan Karangsari, Asrofi mengatakan, sudah sekitar satu minggu ini dia bersama warga Karangsari lainya tidak melaut, hal itu dikarenakan cuacanya buruk sehingga risiko di laut sangat tinggi bila tetap nekat melaut.

"Sudah seminggu ini tidak melaut karena gelombangnya tinggi," terang Asrofi kepada blokTuban.com, Jumat (25/1/2019).

Lebih lanjut, menurut Asrofi kebanyakan nelayan di wilayah RT/02 RW/1 Kelurahan Karangsari adalah nelayan ikan Teri Nasi atau nelayan yang menggunakan peralatan tradisional. Sehingga musim cuaca buruk seperti ini aktifitasnya hanya memperbaiki peralatan melaut yang rusak.

"Hanya dua, tiga perahu yang nekat melaut sebagian besar nelayan beraktifitas di darat," jelasnya.

Sementara itu, Ketua RT/02 RW/01 Kelurahan Karangsari, Joko Nuratno Widodo mengatakan, bahwa sudah sekitar satu minggu ini para nelayan tidak melaut. Adapun aktifitas mereka bila tidak melaut adalah memperbaiki alat tangkap ikan.

"Aktifitas yang dilakukan nelayan seperti saat ini ya memperbaiki perahu, jaring dan perqlatan lainya," tandasnya.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari nelayan hanya mengandalkan uang simpanan. Namun tidak sedikit mereka yang mengandalkan uang pinjaman.[hud/col]