PJU Sering Mati, Dinas PRKP Klaim karena Peralihan Musim

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Kabupaten Tuban menanggapi terkait akhir-akhir ini beberapa titik lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah setempat yang sering mati.

Menurut Kepala Dinas PRKP Tuban Sudarmaji, sering matinya beberapa titik lampu PJU di Kabupaten Tuban itu lantaran dipengaruhi oleh peralihan musim, dari musim kemarau ke musim penghujan dan sebaliknya.

"PJU ini kalau peralihan musim pasti sering mati, misalnya peralihan musim dari penghujan ke kemarau dari kemarau ke penghujan. Dan penyebabnya banyak, bisa karena kabel dan lainya," terang Sudarmaji saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Dia juga menegaskan, tahun 2019 ini Dinas PRKP Tuban telah menambah unit kendaraan yang digunakan untuk menangani PJU, sehingga diharapkan penanganan PJU mati pada tahun ini bisa lebih cepat. 

"Tahun 2019 ini kami akan buka Sistem Informasi Satberkota (Si Satberkota) sehingga untuk pengaduan lebih mudah," tandasnya.

Dia juga menegaskan, bila selama ini ada keterlambatan dalam penanganan PJU yang mati, itu dikarenakan memang armada Dinas PRKP Tuban untuk menangani PJU mati memang terbatas.[hud/chol]