Komite Sastra Tuban Bakal Gelar Bedah Buku ini...

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Gedung A Lantai 3 Kampus Stitma Tuban, Komite Sastra Tuban kerjasama dengan seluruh Komunitas Literasi di Bumi Wali bakal menggelar kegiatan Bedah Buku 'Ranggalawe Sang Penakluk Mongol' pada Sabtu (26/1/2019) pagi.

Bedah buku dengan tema 'Sejarah Sebagai Pembangun Mentalitas Bangsa' tersebut turut menghadirkan Narasumber Kiai Joyo Juwoto seorang Penulis dan Budayawan, Makinuddin Samin Penulis Buku Ranggalawe serta Suantoko Dosen sekaligus Peneliti Sastra.

Koordinator Komite Sastra Tuban, Komet Djanaka Putra saat dikonfirmasi mengatakan, tujuan diselenggarakanya bedah buku dengan tema 'Sejarah Sebagai Pembangun Mentalitas Bangsa' ini untuk mengetahui sejauh mana sejarah Ronggolawe yang termuat dalam Buku/Novel tersebut.

Di samping itu, pasca kegiatan ini nanti diharapkan masyarakat Kabupaten Tuban khususnya mahasiswa maupun pendidik mengetahui sejarah yang pernah ada di Bumi Wali.

"Diharapkan, semoga dengan adanya bedah buku ini menjadi pencerah bagi generasi literasi di Kabupaten Tuban. Baik dari Pelajar/Mahasiswa maupun pendidik yang di Tuban ini," terang Komet Djanaka Putra.

Dia juga menjelaskan, alasan dipilihnya buku dengan judul 'Ranggalawe Sang Penakluk Mongol' ini karena penulisnya asli berasal dari Kabupaten Tuban selain itu untuk mengetahui sejauh mana sejarah Ronggolawe di kupas dalam Buku/Novel serta relevansi sejarah Ronggolawe dengan buku sejarah umum.

"Bedah buku dengan judul Ranggalawe Sang Penakluk Mongol ini untuk wemengingatkan generasi muda-mudi di Kabupaten Tuban tentang sejarah Ronggolawe. Sehingga bisa menjadi pembangun mentallitas generasi muda," pungkasnya.[hud/ito]