Waspada Air Laut Pasang, Ternyata ini Faktornya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Jika nanti malam sobat blokTuban berencana menghabiskan malam Mingguan di pantai hendaknya waspada. Sebab, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini pasang maksimum air laut. Kondisi ini diperkirakan akan berlaku selama hari ini, Sabtu (19/1/2019) hingga Rabu (23/1/2019).

Seperti yang dilansir blokTuban.com dari akun resmi Instagram BMKG Tuban, Sabtu (19/1/2019) menyebutkan, pada malam Minggu nanti yang hendak nongkrong di pantai diminta mewaspadai pasang maksimum air laut. Hal itu terjadi lantaran diduga adanya fenomena alam Supermoon.

"Adanya fenomena Supermoon disertai dengan bulan purnama dapat mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia," tulis BMKG Tuban.

Dari pemaparan BMKG Tuban, dampak dari fenomena alam ini adalah terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir. Selain itu, aktivitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan akan terganggu.

"Oleh karena itu dihimbau untuk masyarakat pesisir pantai agar selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena ini," tandasnya.

Sedikit diketahui, adanya fenomena Supermoon (posisi parigee atau jarak terdekat bulan dengan bumi) disertai dengan bulan purnama sehingga mempengaruhi kondisi pasang maksimum air laut di Indonesia. [rof/ito]

Foto: Instagram BMKG Tuban