Petani Jagung Sekitar Perbukitan 2 Minggu Lagi Panen Raya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pasca aktivitas tanam Jagung serentak yang bertepatan dengan datangnya musim penghujan di akhir tahun 2018 lalu, kini sejumlah wilayah yang ada di perbukitan Tuban selatan tinggal menghitung waktu.

Penuturan petani dan warga di lahan pertanian sekitar Grabagan dan Rengel menunjukkan indikasi, bahwa rata-rata panen jagung akan dilakukan sekitar 2 minggu kedepan.

"Kalau secara hitungan, 2 mingguan lagi Mas. Awal Februari mungkin juga sudah ada yang panen kok," kata petani di Desa Grabagan, Hadi kepada blokTuban.com, Sabtu (19/1/2019).

Menurutnya, proses tanam jagung oleh petani perbukitan kapur disana itu memiliki jangka waktu yang tak begitu jauh satu sama lain. Apalagi curah hujan yang relatif tinggi, membuat tanaman jagung semakin bertumbuh dengan baik.

"Hitungannya disini rata. Daerah perbukitan banyak yang tanam jagung timbang tanaman lain," tambahnya.

Petani lain di sekitar bukit Pencit, kawasan Dusun Gembong, Desa Rengel, Kecamatan Rengel juga menuturkan hal yang sama. Meski tanaman tak begitu memiliki pertumbuhan yang baik, tapi dipastikan bulan depan sudah banyak aktivitas panen Jagung.

"Nanti pas panen harapan kita satu, semoga harga jagung gak lagi turun. Soalnya kasihan, banyak panenan tapi malah harganya merosot," papar Harun. [feb/ito]