Januari, RSUD dr. Koesma Tuban Tangani 35 Pasien DB

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Koesma Tuban sejak mulai awal bulan Januari 2019 telah menangani sebanyak 35 pasien yang terjangkit Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) atau Demam Berdarah (DB).

Dari jumlah tersebut, 24 pasien di antaranya terjangkit penyakit DB dengan Hemorragic atau dengan tanda bintik-bintik darah di kulit. Sedangkan 11 pasien di antaranya terjangkit Dengue Fever atau tanpa tanda bintik-bintik darah di kulit.

"Dari pendataan RSUD Tuban ada sebanyak 35 pasien DB yang ditangani, dengan rincian 24 kasus Dingue Fiver dan 11 kasus Dengue Hemorrhagic Fever," terang Direktur RSUD Kabupaten Tuban, Syaiful Hadi, Jumat (18/1/2019).

Dia mengatakan, dari jumlah 35 kasus DB yang ditangani oleh RSUD Tuban, kini hanya tinggal dua pasien anak-anak yang masih dirawat.

"Yang mendominasi penyakit DB adalah anak-anak, namun ada juga orang dewasa," tandasnya.

Lebih lanjut, Syaiful menambahkan, penyakit DB ini memang siklusnya terjadi saat awal musim penghujan dan puncaknya terjadi di antara bulan Januari-Maret. Oleh karena itu, RSUD telah melakukan upaya antisipasi bila nanti rujukan kasus DB melonjak.

Sementara itu salah satu orang tua pasien DB asal Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban Kanipah mengatakan, sudah sekitar dua minggu ini anaknya yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD) dirawat di RSUD.

"Sudah satu minggu ini, gejala awalnya panas dan mual-mual," pungkasnya. [hud/rom]