Tak Ada Jawaban, 2 Tahun Warga Minta Normalisasi Sungai

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Warga Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban mengeluh, karena sungai Mangunjoyo tak kunjung dinormalisasi oleh pemerintah. Akibatnya, sampah yang mengendap di dasar sungai menggangu aktifitas warga sekitar.

Ketua RT.02/RW.01, Desa Karangsari, Joko Nuratno Widodo mengatakan, ia bersama warga sudah 3 tahun ini berbenah untuk merubah lingkungan yang semulanya kumuh menjadi bersih dan tertata rapi. Hal ini bertujuan untuk merubah pemikiran masyarakat umum yang sering menilai kampung di pesisir pantai  kumuh dan tidak bisa tertata rapi.

Selain itu dari tahun 2016 warga telah meminta kepada pemerintah untuk menormalisasi sungai, akan tetapi hingga saat ini tak kunjungi mendapatkan tanggapan.

"Akan terasa percuma lingkungan sekitar sungai sudah bersih, tapi sungainya masih kotor," ungkap Widodo.

Lebih lanjut, saat ini sungai Mangunjoyo sudah mengalami Pendakalan karena banyaknya sampah yang dibuang di sungai, selain itu aliran sungai Mangunjoyo sediri akan langsung bermuara ke laut, apabila turun hujan sampah-sampah yang ada di sungai akan langsung terbawa ke laut, dan hal ini sangat mengganggu aktivitas warga sekitar yang pekerjaan utamanya sebagai nelayan. 

"Warga kami sudah tiga tahun ini tidak membuang sampah di sungai, kebanyakan dari masyarakat luar daerah sini. Banyak warga yang kesulitan memarkirkan kapal karena adanya sampah," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan warga lain, Joko Susilo yang mengatakan, adanya sampah di sungai Mangunjoyo sangat mengganggu aktivitasnya karena kesulitan berjalan di bantaran sungai maupun di pinggiran laut karena banyaknya sampah.

"Kalau mau melaut harus jalan dulu dari pantai ke kapal dan kesulitan karena banyak sampah, selain itu jaring juga mudah rusak karena terkena sampah," ungkapnya. [nid/rom]

sampah-tb1