Pelihara Monyet Lokal? Ini Harganya

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai salah satu keluarga Kera, monyet lokal memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat umum khususnya pecinta hewan. Tingkahnya yang unik nan usul mendekati sikap manusia pada umumnya, dianggap menjadi faktor keinginan memeliharanya.

Di Kabupaten Tuban, tepatnya disekitaran jalan Pakah-Plumpang, terdapat spesies monyet ekor panjang yang dijual kepada umum. Pemilik monyet yang kerap disapa Gondrong, menuturkan bahwa peredaran satwa jenis Macacus Synomolgus tersebut relatif aman dari perlindungan Pemerintah terkait satwa yang dilindungi.

"Ini Monyet Emas ekor panjang. Jenis ini termasuk lokalan Kalimantan. Masih terbilang aman, soalnya masih banyak ditemui sekitar hutan Kalimantan," ungkapnya.

Lebih jauh dia menambahkan, harga yang dibanderol adalah Rp 400.000-an untuk monyet yang baru berusia 2 bulanan itu. Harga tersebut juga belum termasuk administrasi lain, sebab harus memiliki izin ataupun surat untuk memeiliharanya.

"Jenis lain juga bisa dipesan dengan harga yang beda pula. Tapi kalau jenis yang langka, kita juga nggak berani. Sebab yang langka itu banyaknya dilindungi," pungkasnya. [feb/ito]