Terus Dukung Potensi Siswa Bergiat Positif Raih Prestasi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Perkembangan dunia pendidikan saat ini terus bergulir dalam era persaingan potensi dan bakat meraih prestasi positif, baik dalam bidang akademis maupun non akademis. Menjadikan siswa-siswi supaya siap menghadapi tantangan dunia kerja selepas lulus, menjadi tanggung jawab utama para guru pengajar berikut lapisan lembaga maupun instansi pendidikan sekolah.

Begitupun juga dituturkan oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Rengel, Drs Kusworo B.M., M.MPd dalam mendukung tumbuh kembang potensi para pelajarnya. Pihaknya menjelaskan bahwa, sekolah tak pernah membatasi kerasa dan potensi siswa dalam mengikuti pelbagai event lomba, baik pada tingkat daerah maupun lingkup Nasional.

"Awal mula ada siswa yang minta izin ikut lomba yang diselenggarakan komunitas, kita izinkan dan dukung penuh keikutsertaannya. Alhamdulillah, kok pulangnya bawa prestasi. Dari situ, mulai muncul siswa yang berani dan minta izin langsung untuk ikut even-even lain," ucap Kusworo kepada blokTuban.com.

Dalam pelaksanaannya, pihaknya selalu memberikan sejumlah masukan, bekal, serta motivasi kepada siswa yang akan mengikuti lomba. Tentunya dengan gemblengan para pelatih dan pembina agar mampu mengasah potensi siswa.

Alhasil, dalam kurun waktu satu tahun terakhir, SMA Negeri 1 Rengel sudah bisa mengibarkan nama harum di kancah daerah Provinsi hingga Nasional. Banyak di antara prestasi tersebut saling mengimbangi, antara akademis maupun non akademis.

"Olahraga, Atletik, silat, dan Lomba ketegasan disiplin baris berbasis belakangan ini banyak menyumbang medali dan piala. Selain itu, karya ilmiah dan olimpiade juga mendominasi prestasi akademis," jelas Mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Parengan itu

Dari hal tersebut, prospek prestasi pada tahun 2019 ini semakin dimantabkan. Apalagi semangat peserta didik yang selalu mau mengukur kemampuan berprestasi, semakin membawa angin segar pada pihak sekolah.

"Tahun ini kita mantapkan agar terus mengikuti even perlombaan. Intinya prestasi. Siswa kalau banyak prestasi, nanti akan mendapat nilai plus setelah lulus. Mau digunakan untuk lanjut pendidikan, kerja, atau penunjang lain, sertifikat dan piagam bisa digunakan. Mengingat jaman sekarang kan harus punya kompetensi plus lainnya untuk menunjang aktivitas," paparnya. [feb/ito].