Prospek Pembangunan Pemdes Sokosari Sasar Investasi Ekonomi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Proyeksi 2019 oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban agaknya lebih mengarah pada segi pembangunan yang menyasar investasi perekonomian masyarakat umum.

Kepala Desa Sokosari, Edi Purnomo dalam kesempatannya dijumpai blokTuban.com membeberkan sejumlah program yang sedang berlangsung dalam kurun waktu 2018 lalu, yang juga berlangsung sampai hari ini.

Sejumlah program tersebut, banyak diantaranya terbingkai dalam wujud pembangunan. Gedung Serba Guna, Agrowisata, serta pengelolaan sampah yang dihandle masyarakat sendiri, merupakan beberapa program kerja (proker) desa meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia.

"Kita lakukan, meskipun masih bertahap. Namun, sedikit banyak pasti direalisasikan supaya meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat," ucap Edi kepada blokTuban.com, Senin (14/1/2019).

Ditambahkannya, seperti contoh bangunan gedung yang baru digarap sepertiga jadi. Nantinya akan dipakai untuk kepentingan umum, seperti gedung olahraga, lokasi perhelatan acara, ataupun sarana lain yang mencakup kegiatan umum warga masyarakat Desa Sokosari dan sekitarnya.

Ditambah lagi, pasca sukses menambah lahan terbuka hijau di bilangan trotoar dan taman lapangan Sokosari, melalui kolaborasi PATRA DAYA dan Pemdes, nantinya juga digunakan untuk kepentingan masyarakat bawah untuk berdagang disekitarnya.

"Semuanya kita libatkan masyarakat desa. Mulai dari pembangunan awal hingga pengelolaan lanjutan. Tapi semua itu jelas butuh tahapan tersendiri," pungkas Kades. [feb/ito]