Camat Bersama Forkopimcam Bersihkan Sampah dan Taman Pohon

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Hingga saat ini sampah masih menjadi permasalahan hampir ditemui di semua daerah, apalagi tingkat kesadaran masyarakat untuk tidak mebuang sampah sembarangan masih kurang. Menanggapi permasalahan ini,  Camat Merakurak bersama Forkopimcam Kecamatan Merakurak dan perangkat Desa Bogorejo, melakukan penanaman pohon dan bersih-bersih sampah yang ada di pinggir jalan Dusun Mulung, Desa Bogorejo Sabtu (12/01/2019).

Camat Merakurak, Agung Tri Wibowo mengatakan, pihaknya beserta Forkopimcam Merakurak selalu berupaya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak negatif yang akan timbul, apabila membuang sampah di sembarangan tempat, bahkan setiap Jumat pihaknya selalu melakukan bersih-bersih sampah, hal ini juga bertujuan untuk mengedukasi warganya.

"Seminggu sekali kita selalu melakukan bersih-bersih sampah. Itu kita lakukan agar masyarakat sadar dan teredukasi dengan kegiatan kami," kata mantan pegawai Bappeda itu.

Lebih lanjut, di Kecamatan Merakurak sendiri ada tiga titik tempat yang rawan dijadikan pembuangan sampah. Yakni Dusun Mulung Desa Bogorejo, Desa Tuwiri Wetan, dan Desa Sumber. Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) serta desa setempat untuk melakukan pengangkutan sampah dengan alat berat dan dibawa ke tempat pembuangan akhir yang ada di Kecamatan Semanding dan membuat depo yang layak untuk dijadikan tempat pembuangan sampah. Agar masyarakat dapat membuang sampah pada tempatnya.

"Karena ini tanah warga, jadi kita lakukan bersih-bersih sampah, dan penanaman pohon di sekitar lokasi pembuangan sampah ini agar masyarakat sadar jika lokasi tersebut bukan untuk tempat pembuangan sampah," paparnya.

Agung berharap, Target kedepan sepanjang jalan yang dipakai untuk membuang sampah tersebut akan digunakan sebagai lahan penghijauan, agar dikemudian hari tempat-tempat umum yang dilalui warga tidak bau sampah.

"Kami mohon kesadaran dari masyarakat bersama-sama menjaga lingkungan kita dan buanglah sampah pada tempat yang sudah kita sediakan, karena jalan umum memang tidak layak untuk dijadikan tempat pembuangan sampah," pungkasnya. [nid/ito]