12:00 . Boyong Adipura, Bupati Singgung Sejumlah Toko di Jalan Nasional yang Lumutan   |   11:00 . WhatsApp BATASI PESAN FORWARD MAKSIMAL 5 KALI   |   10:00 . Adipura ke-7, Bupati Akui Persoalan Sampah di Sungai Masih Belum Selesai   |   09:00 . AMPO, PANGANAN DARI TANAH LIAT KHAS TUBAN   |   08:00 . Intip...! Hujat Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Wilayah Tuban   |   07:00 . Manfaat Jalan Kaki Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik, Tapi Juga Mental   |   19:00 . Ini Faktor Pemicu Polemik Menurut Ketua Penilik Klenteng KSB Tuban   |   18:00 . Camat Plumpang Pastikan Aktivitas Tambang Pasir Tak Membahayakan   |   17:00 . Komite Sastra Tuban Bakal Gelar Bedah Buku ini...   |   16:00 . Dump Truk Terguling di Jalan Raya Jatirogo   |   15:00 . Ampo, Camilan yang Cocok Dihidangkan dengan Kopi   |   14:00 . Keluarga ini Bertahan Sampai 5 Generasi   |   13:00 . Desas-Desus Tambang Pasir Ilegal, Bagaimana Sebenarnya?   |   12:00 . Kick Off Liga 2 Dijadwalkan Bulan Mei   |   11:00 . Rabu, AHY Dijadwalkan Kunjungi Kabupaten Tuban   |  
Tue, 22 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 11 January 2019 13:00

Dinilai Tebang Pilih, Proyek Drainase Desa Pandanwangi Jadi Polemik

Dinilai Tebang Pilih, Proyek Drainase Desa Pandanwangi Jadi Polemik

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Proyek pembangunan saluran drainase yang ada di Desa Pandanwangi, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, rupanya menjadi polemik tersendiri bagi warga sekitar yang terdampak pembangunan.

Pantauan di lapangan yang dihimpun dari sejumlah warga menyebutkan, persoalan tersebut muncul sebab kurang tegasnya peraturan dari pihak pemborong maupun kontraktor.

Tak sedikit bangunan warga, mulai dari rumah, musala, sampai tempat usaha yang tanahnya tergusur oleh ganasnya mesin backhoe yang sedang beroperasi saat ini.

"Kita hanya mau keadilan. Toh warga deretan sini semuanya sudah setuju kalau pelataran dan pepohonan dirusak, sebab dijadikan saluran air," papar warga setempat yang bagian depan rumahnya terdampak calon bangunan drainase, Zulaikah kepada blokTuban.com, Jumat (11/1/2019).

Proses pelaksanaan proyek tersebut, sambungnya, juga sempat memunculkan keributan antara pihak warga terdampak dengan pelaksana kerja di lapangan.

Proyek yang merupakan sumber program Dinas Pekerjaan Umum (PU) dianggap kurang adil melakukan eksekusi gugur tanah. Bakal bangunan drainase yang akan dibangun mulai sekitar 100 meter ke timur dari perempatan jalan setempat, juga 100 meteran ke arah barat itu sempat melalaikan aspek tegas dalam pelaksanaanya.

"Halaman rumah warga dan musala juga kena galian, tapi kok dua pilar rumah di pojok situ gak kegusur, malah menyempit dibelokkan. Itu tadi yang jadi bahasan," jelasnya lagi.

Tokoh agama setempat, Abdullah juga membenarkan proyek yang menimbulkan polemik itu. Sebagian besar bangunan tempat wudhu musala yang dirawat olehnya, harus rela digerus dan dirusak. Sebab akan dijadikan bangunan drainase.

"Ya gak papa. Sebenarnya warga rela, dan sah saja. Tapi harus adil, bangunan drainase ya harus lurus, gak boleh belok seperti itu," paparnya.

Warga lain, Ridwan mengungkapkan sedikit momoknya. Dia yakin bahwa program pemerintah Kabupaten Tuban kedepannya pasti akan memberikan soal baik bagi warganya. Namun begitu, sosialisasi terlebih dulu harus disampaikan ke warga yang bersangkutan.

"Sebenarnya kan untuk kebaikan, saya yakin itu. Tapi disisi lain banyak warga yang protes saat baru pelaksanaan ini," ujar warga sekitar Dusun Tanggungan itu.

Sementara dari pihak pemborong maupun kontraktor tak juga nampak batang hidungnya di sekitar area kerja. Hanya ada satu unit alat berat jenis backhoe yang sedang beroperasi di sekitar perempatan Tanggungan.

"Orang-orangnya sama sekali gak ada di lapangan, kita hanya berdua saja untuk mengoperasikan backhoe. Kita disini hanya melaksanakan perintah," terang salah satu pekerja backhoe, Edi ketika ditanyai keberadaan para pemimpin proyek. [feb/rom]

Tag : drainase, dinas pu, pandanwangi

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat