Kenali Kanker Nasofaring, ini Penjelasan Dinkes Tuban

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ustaz Arifin Ilham dikabarkan akan menjalani perawatan lanjutan di Malayasia. Sebelumnya, Ustaz Arifin Ilham dirawat di RSCM, JL Diponegoro, Jakarta Pusat.

Dilansir dari Kumparan.com, Kamis (10/1/2019), hingga kini keluarganya belum mau terbuka soal penyakit yang diidap Arifin Ilham. Namun, KH Abdullah Gimnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym sempat menyebut beliau tengah berjuang melawan kanker.

Ditulis dalam Kumparan.com, akhir tahun lalu, Arifin Ilham dalam sebuah pengajian menceritakan penyakit yang dideritanya yaitu kanker 'Nasofaring'. Lewat pengobatan selama 2,5 bulan, beliau dinyatakan sembuh dari penyakit itu.

Lalu apa pemyakit Kanker Nasofaring itu?

Hasil dari wawancara blokTuban.com dengan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati hari ini, Kamis (10/1/2019) menerangkan, Kanker Nasofaring adalah kanker yang tumbuh di rongga hidung. Menurut dia, sel kanker (Ca) ini tumbuh di rongga belakang hidung atau di langit-langit rongga mulut.

"Penyebabnya adalah kita mengonsumsi zat-zat yang bersifat karsinogenik baik sengaja maupun tidak," terang alumni Magister Kesehatan Universitas Airlangga itu.

Menurut Endah, Ca ini juga bisa diturunkan secara genetik. Kebanyakan penyakit ini dijumpai pada laki-laki.

Ditegaskan wanita ramah itu, Pengobatan Ca adalah sesuai stadium berapa ditemukan. Semakin dini ditemukan, kata dia, semakin besar kemungkinan sembuh.

Menurut Endah, Ca Nasofaring bisa berakibat pada kematian. Kendati begitu, penyakit ini tetap bisa dicegah dengan pola hidup sehat.

"Pencegahannya dengan cara menghindari konsumsi makanan yang mengandung bahan berbahaya sepert pengawet dan pewarna berbahaya. Hindari rokok baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]