Kabar Baik, Honor PLD Diwacanakan Naik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com – Sejumlah Pendamping Lokal Desa (PLD) di Kabupaten Tuban menyambut positif kabar kenaikan honor pendamping desa, khususnya PLD. Sebab belakangan ini, tersiar kabar, pihak Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia  tengah memperjuangkan itu.

Mereka mengamini apa yang diusahakan oleh Kemendes PDTT untuk memperjuangkan penambahan honor mereka. “Amiin, semoga terealisasi,” kata PLD asal Kecamatan Plumpang, Aksan, ketika mendapat kabar tersebut.

Hal senada juga dilontarkan PLD asal Kecamatan semanding, Kabupaten Tuban, Darsilan. Menurut dia suntikan honor yang telah diperjuangkan di pusat bisa segera direalisasikan untuk menambah kesejahteraan PLD.

“Ini kabar yang menggembirakan, semoga segera terealisasi,” tandas PLD yang mendampingi emapat desa di Kecamatan Semanding itu.

Sebelumnya,Wakil Ketua MPR, Muhaimin Iskandar yang kerab disapa Cak Imin menyatakan Dana desa (DD) manfaatnya dalam pembangunan dari bawah telah dimulai dengan baik. Menurut dia, pendamping desa punya peran signifikan dalam mengawal DD tersebut.

Hal itu diungkapkan Cak Imin melalui akun Twitternya @cakiminNOW (https://twitter.com/cakimiNOW), (9/1/2019) 01.44 WIB. Cuitan ini, sontak mendapat respon ribuan pengikutnya. Hingga saat ini, cuitan Cak Imin ini mendapat 1.320 retweet dan 2.027 suka.

“Dana desa sudah nyata manfaatnya, pembangunan dari bawah telah dimulai dengan baik, para #pendampingdesa punya peran “significant”,” begitu cuitan Cak Imin dilansir blokTuban.com, Kamis (10/1/2019).

Ketua Umum PKB itu juga menambahkan, pihaknya telah meminta kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo untuk bisa menaikan honor pendamping desa, terutama PLD.

“Saya sudah minta mas @EkoSandjojo menteri @KemenDesa yg kader PKB itu untuk bisa menaikkan honor pendamping desa, terutama PLD. Insyaalloh bisa!,” pungkasnya. [rof/rom]