11:00 . 82 Masjid ber-SK Belum Lapor Baznas   |   10:00 . Awas !! Gelombang Laut Utara 2,5 Meter   |   09:00 . Ini Status Pengukuran Lahan Kilang Tuban di 3 Desa¬†   |   08:00 . Ini Dia Striker Buruan Persatu   |   07:00 . Bayi Suka Menjulurkan Lidah, Normal Enggak Ya?   |   20:00 . Perdana Buka, Antrean Pengunjung Bioskop Mengular   |   19:00 . Api dari Sampah, Warung di Jalan Pantura Nyaris Ludes Terbakar   |   17:00 . Problematika Penerapan Sistem Zonasi PPDB 2019   |   16:00 . Dinas PM PTSP dan Naker Tuban Cek Kesiapan Bioskop   |   15:00 . Ini Bahasan Konferensi Kepala Desa Se-Kecamatan Soko   |   14:00 . 68 PNS Pensiun, 12 CPNS Terima SK   |   13:00 . Wabup Minta Kontraktor Pemenang Tender Segera Memulai Pengerjaan JLS   |   12:00 . Anggaran Pilkada Tuban 2020 Naik Dua Kali Lipat   |   11:00 . Dua Tim BPN Turun ke Lahan Kilang Minyak   |   10:00 . KPU Siap Kirim Saksi dan Alat Bukti   |  
Thu, 20 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 09 January 2019 08:00

Segini Jumlah Naker yang Berpotensi Direkrut Kilang NGRR

Segini Jumlah Naker yang Berpotensi Direkrut Kilang NGRR

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Masuknya kilang New Grass Root Refinery (NGRR) di Bumi Wali bakal membawa berkah bagi masyarakat. Selain, masuknya investasi yang besar bakal menaikkan potensi pendapatan dari sector pajak, retribusi dan lainnya, jumlah tenaga kerja (naker) yang bakal terlibat mencapai puluhan ribu orang.

‘’Berdasar informasi yang kami dengar, ada puluhan ribu tenaga kerja yang akan terlibat,’’ ujar M. Irkham Ketua Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Cabang Tuban, Rabu (9/01/2019).

Dia mengatakan, dari jumlah naker yang potensi direkrut itu, mayoritas adalah warga lokal. Atau setidaknya perusahaan akan mempriorotaskan warga lokal untuk bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga, banyak pemuda-pemuda di Tuban akan akan terserap pasar kerja di industry migas itu.

‘’Karena lokasi di Tuban, maka warga Tuban nanti akan mendapat porsi yang bagus sebagai naker,’’ tambahnya.

Untuk menyambut pasar itu , lanjut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini, pemkab Tuban harus mampu mempersiapkan calon tenaga kerja dengan  memfasilitasi warganya untuk diberikan palatihan-pelatihan yang berbasis skill.

‘’Sehingga putra daerah mampu dan bisa bersaing untuk mendapatkan pekerjaan khususnya dalam kilang ini,’’ sebutnya.

Irkham menyebut di tiga tahun pertama bakal ada CSR miliaran rupiah yang mengucur. Dana itu, lanjut dia, harus digunakan untuk meningkatkan kapasitaas warga Tuban. Misalnya untuk membiayai pelatihan-pelatihan yang berbasis peningkatan kualitas skill. 

Ibu-ibu rumah tangga juga bisa diberikan pelatihan berbasis pemberdayaan ekonomi. Misalnya membuat jajanan atau sejenisnya sekaligus bantuan modal. Bagi warga yang khususnya ring satu perusahaan yang sudah lanjut usia atau ditak mungkin bisa dipekerjakan juga diperhatikan. 

‘’Sehingga proyek Pertamina-Rosneft ini betul-betul manfaatnya bisa dirasakan oleh warga masyarakat setempat dan seluruh masyarakat Tuban pada umumnya,’’ katanya.[ono]

 

Tag : migas, kilang, pertamina, NGRRtuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more