12:00 . Boyong Adipura, Bupati Singgung Sejumlah Toko di Jalan Nasional yang Lumutan   |   11:00 . WhatsApp BATASI PESAN FORWARD MAKSIMAL 5 KALI   |   10:00 . Adipura ke-7, Bupati Akui Persoalan Sampah di Sungai Masih Belum Selesai   |   09:00 . AMPO, PANGANAN DARI TANAH LIAT KHAS TUBAN   |   08:00 . Intip...! Hujat Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Wilayah Tuban   |   07:00 . Manfaat Jalan Kaki Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik, Tapi Juga Mental   |   19:00 . Ini Faktor Pemicu Polemik Menurut Ketua Penilik Klenteng KSB Tuban   |   18:00 . Camat Plumpang Pastikan Aktivitas Tambang Pasir Tak Membahayakan   |   17:00 . Komite Sastra Tuban Bakal Gelar Bedah Buku ini...   |   16:00 . Dump Truk Terguling di Jalan Raya Jatirogo   |   15:00 . Ampo, Camilan yang Cocok Dihidangkan dengan Kopi   |   14:00 . Keluarga ini Bertahan Sampai 5 Generasi   |   13:00 . Desas-Desus Tambang Pasir Ilegal, Bagaimana Sebenarnya?   |   12:00 . Kick Off Liga 2 Dijadwalkan Bulan Mei   |   11:00 . Rabu, AHY Dijadwalkan Kunjungi Kabupaten Tuban   |  
Tue, 22 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 09 January 2019 08:00

Segini Jumlah Naker yang Berpotensi Direkrut Kilang NGRR

Segini Jumlah Naker yang Berpotensi Direkrut Kilang NGRR

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Masuknya kilang New Grass Root Refinery (NGRR) di Bumi Wali bakal membawa berkah bagi masyarakat. Selain, masuknya investasi yang besar bakal menaikkan potensi pendapatan dari sector pajak, retribusi dan lainnya, jumlah tenaga kerja (naker) yang bakal terlibat mencapai puluhan ribu orang.

‘’Berdasar informasi yang kami dengar, ada puluhan ribu tenaga kerja yang akan terlibat,’’ ujar M. Irkham Ketua Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Cabang Tuban, Rabu (9/01/2019).

Dia mengatakan, dari jumlah naker yang potensi direkrut itu, mayoritas adalah warga lokal. Atau setidaknya perusahaan akan mempriorotaskan warga lokal untuk bekerja di perusahaan tersebut. Sehingga, banyak pemuda-pemuda di Tuban akan akan terserap pasar kerja di industry migas itu.

‘’Karena lokasi di Tuban, maka warga Tuban nanti akan mendapat porsi yang bagus sebagai naker,’’ tambahnya.

Untuk menyambut pasar itu , lanjut mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini, pemkab Tuban harus mampu mempersiapkan calon tenaga kerja dengan  memfasilitasi warganya untuk diberikan palatihan-pelatihan yang berbasis skill.

‘’Sehingga putra daerah mampu dan bisa bersaing untuk mendapatkan pekerjaan khususnya dalam kilang ini,’’ sebutnya.

Irkham menyebut di tiga tahun pertama bakal ada CSR miliaran rupiah yang mengucur. Dana itu, lanjut dia, harus digunakan untuk meningkatkan kapasitaas warga Tuban. Misalnya untuk membiayai pelatihan-pelatihan yang berbasis peningkatan kualitas skill. 

Ibu-ibu rumah tangga juga bisa diberikan pelatihan berbasis pemberdayaan ekonomi. Misalnya membuat jajanan atau sejenisnya sekaligus bantuan modal. Bagi warga yang khususnya ring satu perusahaan yang sudah lanjut usia atau ditak mungkin bisa dipekerjakan juga diperhatikan. 

‘’Sehingga proyek Pertamina-Rosneft ini betul-betul manfaatnya bisa dirasakan oleh warga masyarakat setempat dan seluruh masyarakat Tuban pada umumnya,’’ katanya.[ono]

 

Tag : migas, kilang, pertamina, NGRRtuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat