15:00 . Tersangka Penggelapan Bantuan Sapi di Tuntut 1,5 Tahun Penjara   |   14:00 . Cari Bibit Atlet, PO Cabang Tuban Gelar Kompetisi Antar Ranting   |   12:00 . Suksesi Pemilu di Tuban, KPU Gelar Konser Musik.   |   11:00 . 129 Bidang Lahan Warga Selesai Dipatok untuk Kilang Tuban   |   09:00 . Camat Hendro Pensiun, Sempat Bercita-Cita Jadi Hansip   |   08:00 . Refresing Bersama Kader Kesehatan Kecamatan Jenu   |   07:00 . Manfaat Berhubungan Intim Selama 30 Hari   |   17:00 . Belum 3 Bulan, Ada 7 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan   |   16:00 . Bulog Belum Bisa Terima Beras Dari Petani, ini Alasannya...   |   15:00 . Nuansa Klasik Santai, Ngopi Nongkrong Tanjung Sari   |   14:00 . Masyarakat Sekitar TPPI Rutin Dapat Pengobatan Gratis   |   13:00 . Kebakaran Lumat Rumah Pedagang Ikan   |   12:00 . Tak Lagi Terkelola, Begini Komen Pengunjung Sendang Maibit   |   11:00 . Tiga Warga Jenu Itu Resmi Tersangka   |   10:00 . Kaji Cepat Kebakaran, Berlanjut Gotong Royong Dirikan Rumah Korban   |  
Mon, 25 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 09 January 2019 17:00

Kilang Tuban untuk Ketahanan Energi Negara

Kilang Tuban untuk Ketahanan Energi Negara

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menyatakan kilang New Grass Root Refinery (NGRR) yang akan dibangun di Tuban adalah program strategis nasional. Sebab, kilang tersebut diharapkan bakal menjadi penopang pemenuhan kebutuhan energi, khususnya bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia.

‘’Pembangunan kilang ini nanti bisa menekan atau mengurangi impor BBM. Sehingga akan mengurangi ketergantungan pada negara lain untukmembangun ketahanan energi nasional,’’ ujarnya saat member keterangan pers pada sejumlah wartawan di Tuban, Rabu (9/01/2019).

Dia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan BBM tanah air, Pertamina ditopang oleh sejumlah kilang. Sedangkan kilang paling muda yang dimiliki Pertamina dibangun pada 1994 di Balongan, Indramayu. 

‘’Selama kurun waktu 25 tahun ini belum membangun kilang baru. Dan rencana akan membangun lagi di Tuban ini,’’ tambahnya.

Sebagai gambaran, lanjut dia, kebutuhan BBM nasional 1,5 juta barel per hari. Sedangkan kapasitas seluruh kilang yang dipunyai 1 juta barel per hari. Itupun kalau dalam kondisi seluruh mesin kilang normal.

Tidak menutup kemungkinan adanya dampak dari kilang tersebut, tapi dari pengalaman di beberapa daerah yang memiliki kilang, manfaat positifnya lebih besar. Karena itu, dia minta bantuan pada pers untuk menyampaikan manfaat yang besar itu pada pada  masyarakat.

‘’Nanti akan banyak manfaat positif yang dirasakan masyarakat, termasuk dampak ikutan seperti usaha-usaha jasa penunjang,’’ sebutnya.

Terkait dengan penyampaian aspirasi yang dilakukan sejumlah warga, Rustam menyebut hal itu sebagai dinamika. Pembangunan kilang masih tahap awal, yakni sosialisasi. Bakal akan tahapan lanjutan yang lebih panjang. Misalnya negosiasi dan sebagainya.

“Untuk pembebasan lahan, kami sudah menggandeng Kejati Jatim hingga pusat. Mulai proses sampai pembebasan akan taat hukum dan sesuai ketentuan,” pungkasnya. [ono]

 

Tag : kilang, tuban, ngrr, migas

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more