12:00 . Boyong Adipura, Bupati Singgung Sejumlah Toko di Jalan Nasional yang Lumutan   |   11:00 . WhatsApp BATASI PESAN FORWARD MAKSIMAL 5 KALI   |   10:00 . Adipura ke-7, Bupati Akui Persoalan Sampah di Sungai Masih Belum Selesai   |   09:00 . AMPO, PANGANAN DARI TANAH LIAT KHAS TUBAN   |   08:00 . Intip...! Hujat Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Wilayah Tuban   |   07:00 . Manfaat Jalan Kaki Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik, Tapi Juga Mental   |   19:00 . Ini Faktor Pemicu Polemik Menurut Ketua Penilik Klenteng KSB Tuban   |   18:00 . Camat Plumpang Pastikan Aktivitas Tambang Pasir Tak Membahayakan   |   17:00 . Komite Sastra Tuban Bakal Gelar Bedah Buku ini...   |   16:00 . Dump Truk Terguling di Jalan Raya Jatirogo   |   15:00 . Ampo, Camilan yang Cocok Dihidangkan dengan Kopi   |   14:00 . Keluarga ini Bertahan Sampai 5 Generasi   |   13:00 . Desas-Desus Tambang Pasir Ilegal, Bagaimana Sebenarnya?   |   12:00 . Kick Off Liga 2 Dijadwalkan Bulan Mei   |   11:00 . Rabu, AHY Dijadwalkan Kunjungi Kabupaten Tuban   |  
Tue, 22 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 09 January 2019 17:00

Kilang Tuban untuk Ketahanan Energi Negara

Kilang Tuban untuk Ketahanan Energi Negara

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com - Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji menyatakan kilang New Grass Root Refinery (NGRR) yang akan dibangun di Tuban adalah program strategis nasional. Sebab, kilang tersebut diharapkan bakal menjadi penopang pemenuhan kebutuhan energi, khususnya bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia.

‘’Pembangunan kilang ini nanti bisa menekan atau mengurangi impor BBM. Sehingga akan mengurangi ketergantungan pada negara lain untukmembangun ketahanan energi nasional,’’ ujarnya saat member keterangan pers pada sejumlah wartawan di Tuban, Rabu (9/01/2019).

Dia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan BBM tanah air, Pertamina ditopang oleh sejumlah kilang. Sedangkan kilang paling muda yang dimiliki Pertamina dibangun pada 1994 di Balongan, Indramayu. 

‘’Selama kurun waktu 25 tahun ini belum membangun kilang baru. Dan rencana akan membangun lagi di Tuban ini,’’ tambahnya.

Sebagai gambaran, lanjut dia, kebutuhan BBM nasional 1,5 juta barel per hari. Sedangkan kapasitas seluruh kilang yang dipunyai 1 juta barel per hari. Itupun kalau dalam kondisi seluruh mesin kilang normal.

Tidak menutup kemungkinan adanya dampak dari kilang tersebut, tapi dari pengalaman di beberapa daerah yang memiliki kilang, manfaat positifnya lebih besar. Karena itu, dia minta bantuan pada pers untuk menyampaikan manfaat yang besar itu pada pada  masyarakat.

‘’Nanti akan banyak manfaat positif yang dirasakan masyarakat, termasuk dampak ikutan seperti usaha-usaha jasa penunjang,’’ sebutnya.

Terkait dengan penyampaian aspirasi yang dilakukan sejumlah warga, Rustam menyebut hal itu sebagai dinamika. Pembangunan kilang masih tahap awal, yakni sosialisasi. Bakal akan tahapan lanjutan yang lebih panjang. Misalnya negosiasi dan sebagainya.

“Untuk pembebasan lahan, kami sudah menggandeng Kejati Jatim hingga pusat. Mulai proses sampai pembebasan akan taat hukum dan sesuai ketentuan,” pungkasnya. [ono]

 

Tag : kilang, tuban, ngrr, migas

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat