Petugas Khusus Puskesmas Datangi Rumah Pasien ODGJ.

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Tim khusus dari pemerintah Kabupaten Tuban yang bergerak mengobati Orang Dengan Ganguan Jiwa (ODGJ)  mengujungi salah satu pasiennya di Desa Sumberjo, Kecamatan Merakurak.  

Pada Selasa, (8/1/2019) petugas Puskesmas, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)  serta perangkat desa setempat, mendatangi kediaman MSN (30) yang didiangnosa mengalami ganguan jiwa sekitar 3 tahun yang lalu.  

Petugas Puskesmas poli kesehatan jiwa, Desi mengungkapkan, kunjungan ini rutin dilakukan setiap  bulannya, bertujuan untuk mengetahui perkembangan pasien ODGJ tersebut. Sekaligus meberikan obat apabila dari keluarganya tidak sempat mengambil di Puskesmas.

"Agar kita tahun perkembangan setiap bulannya dan kalau pasien bisa diajak komunikasi kita akan tanya apa yang dikeluhkan," ungkap Desi. 

Dari hasil pemeriksaan, MSN (30) mengalami kemajuan yang cukup pesat dari sebelumnya. Dua tahun yang lalu ia pernah dirawat di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur karena kondisinya yang parah. Dia sering marah-marah tanpa sebab, juga merusak rumah warga bahkan pernah merusak Kantor Desa Sumberjo.

"Dia sudah mengalami kemajuan, sudah bisa diajak komunikasi dan sudah tidak marah-marah lagi," ungkap Petugas TKSK, Kasdono. [nid/col]