13:00 . Puluhan Hektare Sawah Petani Plumpang Terendam Air   |   12:00 . Boyong Adipura, Bupati Singgung Sejumlah Toko di Jalan Nasional yang Lumutan   |   11:00 . WhatsApp BATASI PESAN FORWARD MAKSIMAL 5 KALI   |   10:00 . Adipura ke-7, Bupati Akui Persoalan Sampah di Sungai Masih Belum Selesai   |   09:00 . AMPO, PANGANAN DARI TANAH LIAT KHAS TUBAN   |   08:00 . Intip...! Hujat Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Wilayah Tuban   |   07:00 . Manfaat Jalan Kaki Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik, Tapi Juga Mental   |   19:00 . Ini Faktor Pemicu Polemik Menurut Ketua Penilik Klenteng KSB Tuban   |   18:00 . Camat Plumpang Pastikan Aktivitas Tambang Pasir Tak Membahayakan   |   17:00 . Komite Sastra Tuban Bakal Gelar Bedah Buku ini...   |   16:00 . Dump Truk Terguling di Jalan Raya Jatirogo   |   15:00 . Ampo, Camilan yang Cocok Dihidangkan dengan Kopi   |   14:00 . Keluarga ini Bertahan Sampai 5 Generasi   |   13:00 . Desas-Desus Tambang Pasir Ilegal, Bagaimana Sebenarnya?   |   12:00 . Kick Off Liga 2 Dijadwalkan Bulan Mei   |  
Tue, 22 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 08 January 2019 16:00

Cegah DBD, PKM Prambontergayang imbau Warga Gunakan Abate

Cegah DBD, PKM Prambontergayang imbau Warga Gunakan Abate

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Demi mencegah munculnya jentik nyamuk penyebab penyakit Demam Berdarah (DBD), Puskesmas Prambontergayang mengimbau warga untuk menggunakan obat Abate pembasmi jentik nyamuk.

Hal tersebut disampaikan langsung melalui Kepala Puskesmas (PKM) Prambontergayang, dr. Moh. Masyhudi saat kesempatannya hadir dalam Konferensi Kepala Desa se-Kecamatan Soko di Balai Desa Pandanagung, Kecamatan Soko, Selasa (7/1/2019).

DBD merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue yang dibawa oleh nyamuk jenis Aedes Aegypti maupun Aedes Albopictus. Adapun perkembangbiakan nyamuk, biasanya berada di kubangan air. Praktisnya, juga terdapat pada baik-baik mandi ataupun penampungan air rumah tangga.

Pentingnya penggunaan Abate, yang bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas wilayah Kecamatan Soko, yakni PKM Prambontergayang dan PKM Soko, menurutnya belum bisa dioptimalkan masyarakat umum sebab sosialisasi yang belum optimal.

"Abate bisa mencegah dan menghentikan perkembangan jentik nyamuk sekitar 50 persen. Pun obat ini gratis, sebab telah dicukupi oleh Pemda," papar dr. Masyhudi.

Dijelaskannya lagi, Abate tak memiliki pengarus lebih atas ekosistem maupun kandungan air yang tercampuri obat pembasmi jentik nyamuk itu. Jika dilahirkan dalam bak air yang didalamnya terdapat ikan seperti di bak aquarium, pihaknya menjamin aman sebab tak mengganggu pertumbuhan serta kesehatan ikan bila sesuai prosedur. 

"Satu kemasan Abate bisa digunakan pada satu bak mandi. Dibungkus dengan plastik obat dan diberi lubang-lubang dengan cara ditujukan dmenggunakan jarum secara berpola. Setelah itu baru dimasukkan ke tempat sasaran," jelasnya lagi.

Larvasida yang sangat kuat secara efektif dapat mengantre larva atau jentik nyamuk sebagai penyakit melalui Abate itu, diharapkan bisa digunakan oleh rakyat di Kecamatan Soko, tak terkecuali.

"Sebab mencegah lebih baik dari pada mengobati," pesannya. [feb/lis] 

 

Tag : dbd, nyamuk, abate

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat