Bibit Berkualitas Antisipasi Cabai Terserang Virus Kuning

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa hektar tanaman cabai milik petani di wilayah Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban terserang penyakit kuning. Akibatnya, petani cabai mengalami kerugian hingga puluhan juta lantaran gagal panen.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban, Murtadji mengatakan pihaknya telah melakukan upaya pengecekan di lapangan untuk melakukan tindakan preventif agar penyakit kuning pada tanaman cabai itu tidak semakin meluas.

"Kita sudah melakukan upaya preventif agar penyakit itu tidak semakin meluas, temuan kami juga baru di Kecamatan Montong," terang Murtadji kepada blokTuban.com, Selasa (8/1/2019).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, cuaca ekstrem perubahan musim kemarau ke musim penghujan ini memang tanaman cabai kriting dan rawit yang rawan penyakit. Oleh karena itu pihaknya menyarankan agar menanam tanaman cabai dengan bibit yang berkualitas dan persemian bibit yang bagus. 

"Kami sarankan petani menanam cabai dengan bibit yang berkualitas meski kendalanya adalah harga," jelasnya.

Diketahui, salah satu petani di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Suharso, mengaku merugi lantaran tanaman cabai miliknya sebanyak 18.000 batang dilahan seluas kurang lebih 1,5 hektare terserang penyakit kuning.[hud/col]