DPRD Nilai Penurunan Angka Kemiskinan 1,56 Persen Belum Optimal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, menilai angka penurunan kemiskinan di Kabupaten Tuban pada tahun 2018 sebesar 1,56 persen masih belum optimal.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Tuban M. Miyadi, menurutnya tahun 2018 ini Pemkab Tuban telah melakukan upaya pengentasan kemiskinan dengan hasil yang dicapai sebesar 1,56 persen.

Meski begitu, hasil capaian Pemkab Tuban selama satu tahun tersebut dinilai masih belum begitu optimal, lantaran pada tahun 2018 kemarin diharapkan angka penurunan kemiskinan mencapai sekitar 2 persen.

"Bagi saya penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Tuban tahun 2018 masih belum optimal," terang Ketua DPRD Kabupaten Tuban kepada blokTuban.com, Senin (7/1/2019).

Dia berharap tahun 2019 ini angka kemiskinan di Kabupaten Tuban bisa menurun hingga dua persen dengan memaksimalkan program-program dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) uang tepat sasaran.

"Diharapkan tahun 2019 ini Pemkab Tuban mengoptimalkan kinerja masing-masing OPD yang arahnya untuk mengurangi angka kemiskinan," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyatakan, bahwa pada tahun 2018 angka kemiskinan di Kabupaten Tuban turun 1,56 persen. Hal ini menjadi capaian bagi Pemkab Tuban, mengingat hanya ada 4 Kabupaten/kota di Jawa Timur yang angka kemiskinannya turun.

"Saya minta semuanya bisa ikut mengawal, karena tujuan akhirnya adalah untuk menyejahterakan masyarakat di Kabupaten Tuban," ucap Bupati.[hud/ito]