Awal Tahun, Pemdes Ngandong Perkuat Jaringan Air

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Awal tahun 2019 ini menjadi semangat baru bagi warga masyarakat, juga segenap pemerintah desa (pemdes) Ngandong, Kecamatan Grabagan, Tuban, dalam menyambut program penguatan aspek sarana prasarana air bersih. Sebab, baru-baru ini Pemdes beserta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat tengah repot memperkuat jaringan air bersih.

"Prosesnya ini pengembangan PAM gravitasi yang kita bangun di puncak Tapan," ujar Suiswanto, Kepala Desa (Kades) Ngandong.

Menggunakan sistem penunjang alami, yakni gaya gravitasi, Kades Ngandong semakin yakin dan percaya bahwa kedepan, sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) itu nantinya akan lebih optimal dalam memenuhi stok kebutuhan air warganya.

"Air dari sumber dekat perbukitan dinaikkan keatas tandon menggunakan pompa. Kemudian di tandon PAM itu, air yang sudah tertampung bisa di distribusikan ke rumah-rumah warga dengan sistem gravitasi," jelasnya lagi.

Selebihnya, pihaknya terus melakukan pengembangan bertahap supaya mampu menjawab tantangan kesulitan warga yang selama ini hampir direpotkan perihal air bersih yang minim.

"Baru-baru ini kok. Bulan depan, warga sudah bisa setor untuk tagihan masing-masing pengguna," pungkasnya kepada blokTuban.com, Senin (7/1/2019).

Sekadar diketahui, wilayah sekitar perbukitan Rengel dan Grabagan pada akhir tahun lalu saat musim kemarau, banyak masyarakat yang mengeluhkan keberadaan air bersih. Tak terkecuali Desa Ngandong yang memiliki letak geografis dataran tinggi, sehingga memungkinkan sulitnya ketersediaan air bersih.

Mulai dari telatnya distribusi air, sumber utama bermasalah, hingga kerusakan piranti perpipaan, menyelingi memori antara musim kemarau dan kebutuhan air warga. [feb/rom]