12:00 . Boyong Adipura, Bupati Singgung Sejumlah Toko di Jalan Nasional yang Lumutan   |   11:00 . WhatsApp BATASI PESAN FORWARD MAKSIMAL 5 KALI   |   10:00 . Adipura ke-7, Bupati Akui Persoalan Sampah di Sungai Masih Belum Selesai   |   09:00 . AMPO, PANGANAN DARI TANAH LIAT KHAS TUBAN   |   08:00 . Intip...! Hujat Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Wilayah Tuban   |   07:00 . Manfaat Jalan Kaki Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik, Tapi Juga Mental   |   19:00 . Ini Faktor Pemicu Polemik Menurut Ketua Penilik Klenteng KSB Tuban   |   18:00 . Camat Plumpang Pastikan Aktivitas Tambang Pasir Tak Membahayakan   |   17:00 . Komite Sastra Tuban Bakal Gelar Bedah Buku ini...   |   16:00 . Dump Truk Terguling di Jalan Raya Jatirogo   |   15:00 . Ampo, Camilan yang Cocok Dihidangkan dengan Kopi   |   14:00 . Keluarga ini Bertahan Sampai 5 Generasi   |   13:00 . Desas-Desus Tambang Pasir Ilegal, Bagaimana Sebenarnya?   |   12:00 . Kick Off Liga 2 Dijadwalkan Bulan Mei   |   11:00 . Rabu, AHY Dijadwalkan Kunjungi Kabupaten Tuban   |  
Tue, 22 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 07 January 2019 16:00

Awal Tahun, Pemdes Ngandong Perkuat Jaringan Air

Awal Tahun, Pemdes Ngandong Perkuat Jaringan Air *Potret warga saat antre air bersih ketika musim kemarau tiba.

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Awal tahun 2019 ini menjadi semangat baru bagi warga masyarakat, juga segenap pemerintah desa (pemdes) Ngandong, Kecamatan Grabagan, Tuban, dalam menyambut program penguatan aspek sarana prasarana air bersih. Sebab, baru-baru ini Pemdes beserta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat tengah repot memperkuat jaringan air bersih.

"Prosesnya ini pengembangan PAM gravitasi yang kita bangun di puncak Tapan," ujar Suiswanto, Kepala Desa (Kades) Ngandong.

Menggunakan sistem penunjang alami, yakni gaya gravitasi, Kades Ngandong semakin yakin dan percaya bahwa kedepan, sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) itu nantinya akan lebih optimal dalam memenuhi stok kebutuhan air warganya.

"Air dari sumber dekat perbukitan dinaikkan keatas tandon menggunakan pompa. Kemudian di tandon PAM itu, air yang sudah tertampung bisa di distribusikan ke rumah-rumah warga dengan sistem gravitasi," jelasnya lagi.

Selebihnya, pihaknya terus melakukan pengembangan bertahap supaya mampu menjawab tantangan kesulitan warga yang selama ini hampir direpotkan perihal air bersih yang minim.

"Baru-baru ini kok. Bulan depan, warga sudah bisa setor untuk tagihan masing-masing pengguna," pungkasnya kepada blokTuban.com, Senin (7/1/2019).

Sekadar diketahui, wilayah sekitar perbukitan Rengel dan Grabagan pada akhir tahun lalu saat musim kemarau, banyak masyarakat yang mengeluhkan keberadaan air bersih. Tak terkecuali Desa Ngandong yang memiliki letak geografis dataran tinggi, sehingga memungkinkan sulitnya ketersediaan air bersih.

Mulai dari telatnya distribusi air, sumber utama bermasalah, hingga kerusakan piranti perpipaan, menyelingi memori antara musim kemarau dan kebutuhan air warga. [feb/rom]

Tag : pemdes, bumdes, air, kebutuhan air

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat