15:00 . Bupati: Tugas Guru PAI Kenalkan Konsep Islam Rahmatan Lil 'Alamin   |   14:00 . Di Hari Keluarga, Sekda Tuban Ajak 3 Jam Abaikan Medsos   |   13:00 . Generasi Tuban Harus Dikenalkan Islam Ramah   |   12:00 . Musim Kemarau, Ribuan Warga Tumpengan di Sumber Mata Air Bektiharjo   |   09:00 . Polisi Ringkus Empat Pelaku Pengeroyokan di Warung Tuak Palang   |   08:00 . Hari Koperasi, Sekda: Manfaatkan Teknologi Digital   |   07:00 . Bosan Camilan dan Permen, Bingkisan Ulang Tahun Anak Ini Lebih OK   |   06:00 . Jemaah Haji Tuban Akan Dapat Menu 'Pedas Asin' di Tanah Suci   |   22:00 . Dialog Kemenag: Semua Agama Mengajarkan Kedamaian   |   21:00 . Masalah Rumah Pasutri Mentoro Diblokade Warga Sudah Beres   |   20:00 . Wabup dan Kapolres Resmikan Masjid Berusia 2 Abad   |   19:00 . Polres Tuban Sosialisasikan Bahaya Narkoba kepada Pelajar   |   18:00 . Disdukcapil Sosialisasi Kebijakan kepada OPSi Kecamatan Soko   |   17:00 . FMM Serahkan Angkutan Limbah B3 ke Puskesmas Jenu   |   15:00 . Ini Penjelasan Kadisparbudpora Soal Batalnya Pentas Rampak Bedug   |  
Wed, 17 July 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 06 January 2019 08:00

Lestarikan Budaya Lewat Seni Ludruk

Lestarikan Budaya Lewat Seni Ludruk

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Era Milenial, sebagian besar pemuda sudah jauh dari nilai-nilai budaya bangsanya sendiri. Mereka lebih kerab menggandrungi budaya bangsa lain.

Kondisi tersebut tidak berlaku bagi pemuda di wilayah Rengel, Tuban, Jawa Timur. Melalaui paguyuban seni budaya 'Taruna Jaya' dari Karang Taruna Adi Luhung Desa Sawahan, mencoba keluar dari zonanya untuk melestarikan budaya Ludruk yang hampir punah di Bumi Wali ini, sebutan Kabupaten Tuban.

Perwakilan panitia, Ari Suprianto mengatakan, digelarnya Ludruk ini sebagai uapaya alternatif untuk melestarikan budaya khas Jawa Timuran. Alhasil, acara yang digelar di lapangan voli depan Mako Polsek Rengel pada Sabtu (5/1/2019) malam tadi, berhasil menyedot perhatian masyarakat setempat.

"Kami merasakan kekeringan budaya dalam jiwa pemuda sekarang. Maka kami berinisiatif untuk terus melestarikan budaya Ludruk ini agar pemuda di Desa Sawahan khususnya, dan di Kecamatan Rengel pada umumnya agar tidak terjerumus pada kegiatan yang negatif," ungkap Ari kepada blokTuban.com.

Pria ramah ini berharap, upaya melestarikan budaya ludruk ini dapat didukung oleh stakeholder setempat. Sehingga cita-cita tinggi membumikan Ludruk di Tuban bisa terwujud.

"Harapan kami, semoga upaya pelestarian budaya Ludruk ini bisa didukung oleh pemerintah daerah, agar kesenian ini tidak punah dimakan jaman," tandasnya.

Sementara itu, salah seorang penonton, Mbah Yadi, menyambut hangat dengan upaya yang dilakukan oleh pemuda yang tergabung Karang Taruna Adi Luhung, Desa Sawahan ini. Ia rela datang dari desa tempat ia tinggal lantaran begitu rindunya pada Ludruk.

"Yo ngeten niki sing jenenge hiburan iku. Sampek tak lampu budal teko Karangtinoto iku merga saking kangene karo hiburan model ngene iki (Ya seperti ini yang namanya hiburan itu. Saya sampai rela berangkat dari Karangtinoto lantaran sangat rindu sama hiburan seperti ini (Ludruk, red))," papar Mbah Yadi.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, gelaran ludruk tadi malam mengambil lakon Sarip Tambak oso. Ludruk ini disutradarai Den Tentuko.

Dalam rangkaian acara tersebut, ada pula momen penggalangan dana untuk korban tsunami Banten dan Lampung yang diserahkan kepada perwakilan dari TAGANA Kabupaten Tuban.

Sebagai bentuk Apresiasi, TAGANA Tuban pun menyerahkan Piagam Penghargaan pada panitia penyelenggara. Acara yang dimuai pukul 19.00 - 24.00 WIB tersebut TAGANA juga menyediakan kopi gratis bagi semua pengunjung. [rof]

Tag : budaya, seni, ludruk, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more