13:00 . Puluhan Hektare Sawah Petani Plumpang Terendam Air   |   12:00 . Boyong Adipura, Bupati Singgung Sejumlah Toko di Jalan Nasional yang Lumutan   |   11:00 . WhatsApp BATASI PESAN FORWARD MAKSIMAL 5 KALI   |   10:00 . Adipura ke-7, Bupati Akui Persoalan Sampah di Sungai Masih Belum Selesai   |   09:00 . AMPO, PANGANAN DARI TANAH LIAT KHAS TUBAN   |   08:00 . Intip...! Hujat Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Wilayah Tuban   |   07:00 . Manfaat Jalan Kaki Bukan Hanya untuk Kesehatan Fisik, Tapi Juga Mental   |   19:00 . Ini Faktor Pemicu Polemik Menurut Ketua Penilik Klenteng KSB Tuban   |   18:00 . Camat Plumpang Pastikan Aktivitas Tambang Pasir Tak Membahayakan   |   17:00 . Komite Sastra Tuban Bakal Gelar Bedah Buku ini...   |   16:00 . Dump Truk Terguling di Jalan Raya Jatirogo   |   15:00 . Ampo, Camilan yang Cocok Dihidangkan dengan Kopi   |   14:00 . Keluarga ini Bertahan Sampai 5 Generasi   |   13:00 . Desas-Desus Tambang Pasir Ilegal, Bagaimana Sebenarnya?   |   12:00 . Kick Off Liga 2 Dijadwalkan Bulan Mei   |  
Tue, 22 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 06 January 2019 08:00

Lestarikan Budaya Lewat Seni Ludruk

Lestarikan Budaya Lewat Seni Ludruk

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Era Milenial, sebagian besar pemuda sudah jauh dari nilai-nilai budaya bangsanya sendiri. Mereka lebih kerab menggandrungi budaya bangsa lain.

Kondisi tersebut tidak berlaku bagi pemuda di wilayah Rengel, Tuban, Jawa Timur. Melalaui paguyuban seni budaya 'Taruna Jaya' dari Karang Taruna Adi Luhung Desa Sawahan, mencoba keluar dari zonanya untuk melestarikan budaya Ludruk yang hampir punah di Bumi Wali ini, sebutan Kabupaten Tuban.

Perwakilan panitia, Ari Suprianto mengatakan, digelarnya Ludruk ini sebagai uapaya alternatif untuk melestarikan budaya khas Jawa Timuran. Alhasil, acara yang digelar di lapangan voli depan Mako Polsek Rengel pada Sabtu (5/1/2019) malam tadi, berhasil menyedot perhatian masyarakat setempat.

"Kami merasakan kekeringan budaya dalam jiwa pemuda sekarang. Maka kami berinisiatif untuk terus melestarikan budaya Ludruk ini agar pemuda di Desa Sawahan khususnya, dan di Kecamatan Rengel pada umumnya agar tidak terjerumus pada kegiatan yang negatif," ungkap Ari kepada blokTuban.com.

Pria ramah ini berharap, upaya melestarikan budaya ludruk ini dapat didukung oleh stakeholder setempat. Sehingga cita-cita tinggi membumikan Ludruk di Tuban bisa terwujud.

"Harapan kami, semoga upaya pelestarian budaya Ludruk ini bisa didukung oleh pemerintah daerah, agar kesenian ini tidak punah dimakan jaman," tandasnya.

Sementara itu, salah seorang penonton, Mbah Yadi, menyambut hangat dengan upaya yang dilakukan oleh pemuda yang tergabung Karang Taruna Adi Luhung, Desa Sawahan ini. Ia rela datang dari desa tempat ia tinggal lantaran begitu rindunya pada Ludruk.

"Yo ngeten niki sing jenenge hiburan iku. Sampek tak lampu budal teko Karangtinoto iku merga saking kangene karo hiburan model ngene iki (Ya seperti ini yang namanya hiburan itu. Saya sampai rela berangkat dari Karangtinoto lantaran sangat rindu sama hiburan seperti ini (Ludruk, red))," papar Mbah Yadi.

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, gelaran ludruk tadi malam mengambil lakon Sarip Tambak oso. Ludruk ini disutradarai Den Tentuko.

Dalam rangkaian acara tersebut, ada pula momen penggalangan dana untuk korban tsunami Banten dan Lampung yang diserahkan kepada perwakilan dari TAGANA Kabupaten Tuban.

Sebagai bentuk Apresiasi, TAGANA Tuban pun menyerahkan Piagam Penghargaan pada panitia penyelenggara. Acara yang dimuai pukul 19.00 - 24.00 WIB tersebut TAGANA juga menyediakan kopi gratis bagi semua pengunjung. [rof]

Tag : budaya, seni, ludruk, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat