Setahun, 220 Nyawa Melayang di Jalanan Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tahun 2018 Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) di Kabupaten Tuban tertinggi se-Jawa Timur. Tercatat ada sebanyak 1.393 peristiwa kecelakaan terjadi di Kabupaten Tuban selama tahun 2018, dengan total korban meninggal dunia berjumlah sebanyak 220 orang.

Kapolres menerangkan, bahwa untuk jumlah korban meninggal dunia karena lakalantas di Bumi Wali mengalami peningkatan hingga 9,45 persen bila dibandingkan dengan jumlah korban jiwa lakalantas di tahun 2017 yang berjumlah 201 orang.

"Korban meninggal dunia kecelakaan lalulintas tahun 2018 mengalami trend naik dibandingkan tahun 2017," terang Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono.

Selain itu, disebutkan juga untuk jumlah korban Luka Berat (LB) akibat lakalantas di tahun 2018 berjumlah 50 orang, hal itu mengalami penurunan dibandingkan dengan korban LB lakalantas pada tahun 2017 yang berjumlah 54 orang.

"Untuk korban Luka Ringan (LR) menurun, sementara itu untuk kerugian metaril mencapai empat miliyar," imbuh Kapolres kelahiran Bojonegoro tersebut.

Sekedar diketahui, peristiwa lakalantas di Kabupaten Tuban tersebut didominasi oleh kendaraan roda dua dengan sebab paling banyak adalah lelah, capek atau mengantuk (Human Eror).[hud/ito]