Tutup Buku 2018, Begini Proyeksi Wisata Puncak Tapan

‎Reporter: M. Anang Febri

‎blokTuban.com - Wisata Puncak Tapan Andongsari yang ada di Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, setahun terakhir ini makin melejit dikenal pelbagai khalayak umum. Baik pengunjung dari sekitar Kecamatan Grabagan, dalam kota Tuban maupun luar kota, hingga kota-kota besar seperti Surabaya, dan Malang telah mengunjungi kawasan tersebut.

‎Dengan demikian, proses pembangunan puncak Tapan juga terus diimbangi dengan peningkatan sarana prasana, juga fasilitas oleh Kelompok Sadar wisata (Pokdarwis) setempat guna kenyamanan para pengunjung wisata.

‎Tutup buku ‎2018 ini, juga menjadi acuan serta evaluasi pengelola. Sedikitnya pada kurun waktu setahun belakang ini, pendapatan dari tiket pengunjung masuk bisa mendompleng perekonomian desa. Dengan merangkul pemuda setempat, optimalisasi potensi wisata alam semakin menambah percaya diri Pemerintah Desa Ngandong untuk lebih baik dari tahun 2018.

"Pendapatan keseluruhan dari wisata puncak Tapan ini, alurnya dibagi hasil dengan BUMDes. Tutup buku 2018 ini, semoga menjadikan pengelolaan wisata ini jadi lebih baik," ujar ‎Tarji, Ketua Pokdarwis Tapan Andongsari‎, Senin (31/12/2018).

‎Ditambahkan lagi oleh lelaki ramah berkumis tebal itu, demi meningkatkan kapasitas wisata desa, pihaknya tak tanggung-taggung mensuport penuh perkembangan Tapan Andongsari. 

"Pendapatan akhir ini, nantinya juga kembali lagi ke wisata ini. Baliknya ya buat pembangunan," tambahnya.

‎Masih di lokasi sekitar Puncak Tapan Andongsari, Kepala Desa Ngandong, Suiswanto mengucap banyak terimakasih kepada seluruh anggota dan pengelola Pokdarwis Tapan.

"Ini juga berkat doa kawan-kawan semuanya. Semoga tambah sukses kedepannya," ungkap Suiswanto usai melakukan koordinasi tutup buka bersama BUMDes Ngandong beserta Pokdarwis Tapan Andongsari. [feb/col]