Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/bloktuban/public_html/index.php on line 35
Tetap Bahagia Meski Rayakan Tahun Baru Sendirian
Mon, 17 June 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 31 December 2018 07:00

Tetap Bahagia Meski Rayakan Tahun Baru Sendirian

Tetap Bahagia Meski Rayakan Tahun Baru Sendirian

Reporter: -

blokTuban.com - Liburan pergantian tahun memang dinanti. Namun, tak sedikit yang merasa sedih karena harus menghabiskan momentum ini sendirian di rumah tanpa orang terdekat.

Meski begitu, jangan biarkan perasaan sedih mendominasi. Ada beberapa hal yang perlu kamu sadari agar status tanpa pasangan tak merusak mood.

Nah, kini kamu tak perlu merasa bosan atau kesepian karena tips berikut akan membantumu melewati pergantian tahun baru dengan rasa bahagia mesti hanya sendirian, seperti dilansir dari verywellmind.com

1. Sendirian hanya sementara

Sendirian pada malam tahun baru tidak berarti kamu akan kesepian pula pada tahun-tahun berikutnya.

Tapi, jika kamu merasakan kegelisahan sosial karena tak punya pasangan, kamu mungkin butuh bantuan profesional atau dukungan kelompok tertentu untuk menghilangkan rasa kesepian.

2. Merefleksikan tahun yang telah lalu

Jika bingung akan melakukan apa di malam tahun baru, kamu bisa melakukan refleksi diri atas apa yang sudah kamu lakukan setahun penuh.

Kamu juga bisa mempelajari kembali kemajuan apa yang kamu sudah lakukan agar semangat dan optimisme kembali hadir. Jangan lupa untuk mengapresiasi kesuksesan dan pencapaian besar maupun kecil yang sudah kamu lakukan.

3. Berpikiran positif

Belajarlah untuk mengatur stres dan pikiran negatif dalam hidup. Jika kamu berhasil melakukannya, jangan lupa memberi penghargaan terhadap dirimu sendiri.

Misalnya dengan membeli produk-produk kesehatan untuk menenangkan batinmu, seperti essential oil, pergi makan malam di restoran favorit, atau bahkan berlibur ke tempat yang kamu ingin kunjungi sejak lama.

Jika setahun yang kamu lalui tidak begitu baik, pikirkan apa yang salah sehingga kamu bisa memperbaikinya di tahun mendatang.

Ingatlah bahwa setiap orang bisa saja mengalami kemunduran dalam hidupnya. Selama kamu memulai hari dengan memikirkan kemungkinan kesuksesan dan tidak pernah menyerah, kelak kamu akan mendapatkan yang kamu inginkan.

4. Menyaksikan kembang api

Pilihan menghadiri pesta kembang api di lingkungan rumah bisa kamu lakukan untuk mengusir kesepian. Malah, kamu juga bisa mempererat pergaulan dengan tetangga. 

5. Baca buku

Pergantian tahun tak mesti dihabiskan di luar rumah. Kegiatan sederhana seperti membaca buku di rumah juga bisa menjadi opsi.

Pilihlah bacaan yang membuatmu tidak bisa berhenti membaca sehingga kamu perlu menghabiskan semalam suntuk untuk menyelesaikannya. Baca juga: Tips Hemat Membuat Pesta Tahun Baru

6. Membuat resolusi

Malam tahun baru adalah saat yang tepat untuk menyusun resolusi. Tak melulu harus membuat target besar.
Misalnya, bagaimana mengatasi kecemasan sosial yang membuatmu kerap merasa kesepian. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan, di antaranya:

- Membangun pola hidup sehat dan makan sehat, tidur cukup serta olahraga rutin.

- Membangun skill sosial, seperti bagaimana bisa memulai percakapan ringan dengan orang lain.

- Belajar menghadapi situasi menantang alih-alih menghindarinya.

- Lebih terbuka dengan orang lain tentang apa yang dirasakan.

- Lebih tegas. Hal ini akan membantu kita mengatasi krisis kepercayaan diri.

- Mensyukuri apa yang dimiliki. Apresiasilah bakat dan skill yang dimiliki

7. Menerima undangan yang diabaikan

Mungkin kamu sempat menolak undangan pesta perayaan tahun baru sebelumnya. Misalnya, karena kamu takut sendirian di antara orang-orang yang membawa pasangannya, atau lain-lain.

Belum terlambat untuk kembali dan mengatakan "ya" untuk undngan tersebut. Anggaplah momentum tersebut sebagai kesempatan untuk membangun skill bersosialisasi.

8. Lakukan hal yang tidak biasa

Kamu bisa menyibukkan diri dengan hal-hal yang tidak biasa kamu lakukan sehari-hari. Misalnya, membersihkan rumah, merapikan meja kerja atau memperbaiki jam tidur yang berantakan. Jangan biarkan tradisi mendikte pilihanmu jika kamu memang orang yang tidak senang merayakan tahun baru.

9. Nonton film

Tak perlu mati gaya hanya gara-gara menghabiskan malam tahun di rumah. Saat ini ada banyak pilihan streaming film-film atau serial yang bagus di televisi. Waktunya marathon film.

10. Menelepon

Sendirian di malam tahun baru bukan berarti kamu tak bisa berbincang dengan yang lain. Kamu bisa merencanakan menelepon orang terkasih di detik-detik pergantian tahun untuk menghitung mundurnya bersama-sama.

Kamu juga bisa memilih media sosial untuk menjadi media kamu berbincang dengan keluarga atau kerabat untuk secara real time menghitung mundur pergantian tahun bersama-sama. Lewat media sosial, kamu juga bisa melihat aktivitas orang-orang di seluruh dunia.

*Sumber kompas.com

 

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.





Warning: Illegal string offset 'cate_title' in /home/bloktuban/public_html/sidebar.php on line 10


Warning: Illegal string offset 'cate_title' in /home/bloktuban/public_html/sidebar.php on line 46


Warning: Illegal string offset 'cate_title' in /home/bloktuban/public_html/sidebar.php on line 79


Warning: Illegal string offset 'cate_title' in /home/bloktuban/public_html/sidebar.php on line 112


Warning: fopen(cache/2019/06/17/f7e2dfeddcaace883828b6814183656c.html): failed to open stream: No space left on device in /home/bloktuban/public_html/index.php on line 155

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/bloktuban/public_html/index.php on line 156

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/bloktuban/public_html/index.php on line 157