Maksimalkan Potensi Lokal, BUMDesa Socorejo Sejahterakan Warganya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebagai lembaga ekonomi baru yang beroperasi di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur, Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Maju Mandiri Sejahtera tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, lembaga ekonomi yang ditopang kebijakan pemerintah desa yang memadai ini, pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan pemerataan distribusi aset kepada rakyat semakin luas.

BUMDesa ini juga diklaim mampu menanggulangi berbagai permasalahan ekonomi di desa setempat. Dengan memaksimalkan potensi lokal yang dikelolanya, menjadi pioneer dalam menjembatani upaya penguatan ekonomi di pedesaan.

"Alhamdulillah BUMDesa Maju Mandiri Sejahtera kembali berbagi. Di hari Minggu yang berkah ini mampu memberikan sembako pada masyarat sebanyak 1150 paket," kata bendahara BUMDesa Maju Mandiri Sejahtera, Zaki Alayubi di Socorejo, Jenu, Minggu (30/12/2018).

Pembagian sembako ini kali kedua dalam tahun anggaran 2018. Sebelumnya sembako dibagikan dengan jumlah yang sama ketika mendekati lebaran Idul Fitri lalu.

Lebih jauh, kegiatan sosial ini diwujudkan sebagai implementasi Undang-Undang (UU) Desa Nomor 6 Tahun 2014. Sebab di pasal 89 disebutkan, hasil usaha BUMDesa dimanfaatkan untuk pengembangan usaha dan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa, serta pemberian bantuan untuk masyarakat miskin melalui hibah, bantuan sosial, dan kegiatan dana bergulir yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

"Untuk saat ini, unit BUMDesa yang dikelola ada tiga, yaitu supleyer air bersih ke kapal di pelabuhan Semen Indonesia (SI), Agen BNI 46, dan pengelolaan produk unggulan desa. Kegiatan sosial ini terwujud berkat laba tahun 2018," beber keluarga besar IKA PMII Tuban itu.

Di kesempatan yang sama, Direktur BUMDesa Maju Mandiri Sejahtera, Rohmad Hidayat memaparkan, lembaga yang ia pimpin ini berdiri pada awal tahun 2017. Dalam operasionalisasinya ditopang oleh lembaga moneter desa (bidang pembiayaan).

"Semua ini terwujud karena kerjasama yang kompak di antara jajaran pengurus BUMDesa ini sendiri dan kerjasama dengan pemdes Socorejo, serta dukungan dari masyarakat setempat yang luar biasa," tandasnya.

Rohmad berharap, di tahun 2019 yang akan datang laba BUMDesa bisa bertambah pesat. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat Socorejo. [rof/ito]