Enam Tahun Terakhir, Jumlah Anak Penderita HIV/AIDS Minim

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, dalam kurun waktu enam tahun terahkir, jumlah anak yang terkena HIV/AIDS minim.

Dari tahun 2012 hingga 2018 usia kurang dari 1 tahun yang terkena HIV/AIDS berjumlah 46 pasien,  sedangkan usia 1 samapi 14 tahun yang terkena HIV/AIDS berjumlah 14 pasien.

Hal ini menadakan jumlah perempuan yang terkena HIV/AIDS minim, karena apabila anak tersebut terkena penyebab utamanya tertular dari ibunya.

"Kurang dari 1 tahun bisa terkena, karena ibunya saat hamil sudah positif," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pencegah dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM), Agus Waskitho.

Selain itu Kasi P2PM menambahkan, yang masih menjadi persoalan utama hingga saat ini adalah cara pandang dan cara pikir (mindset) masyarakat terhadap pasien HIV/AIDS.

Masih banyak masyarakat yang mengucilkan, beranggapan apabila berdekatan dengan pasien langsung bisa tertular, padahal hal yang bisa membuat menual yaitu melalu cairan sperma, cairan vagina, darah dan air susu, selain itu tidak ada.

Untuk itu ia berharap kepada masyarakat, apabila di lingkungannya ada pasien HIV/AIDS jangan dikucilkan, seharusnya malah diberikan dukungan semangat, agar pasien semakin semagat menjalani kehidupannya.

"Seharusnya diberi dukungan jangan dikucilkan, karena kalau dikucilkan pasin akan setres dan semakin berdampak buruk untuk kesehatannyan,"ungkapnya. [nid/rom]