Tangkap Kera, BPBD Koordinaksi Dengan BKSDA

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban terus berkoordinasi dengan pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), untuk menangani persoalan kera berekor panjang yang lepas dan membuat warga di kawasan Jalan Jambu, Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban resah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tuban, Joko Ludiono saat melakukan upaya penangkapan kera di kawasan Kelurahan Perbon, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Jumat (28/12/2018).

"Kita sudah koordinasi dengan BKSDA untuk merumuskan upaya-upaya tindak lanjut," terang Joko Ludiono kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut kata Joko, untuk sementara ini BPBD masih melakukan penghalauan kera itu agar tidak kembali ke rumah-rumah warga dengan mengunakan alat seadanya, seperti penyemprot dengan pemadam kebakaran, serta melalui keahlian teman-teman.

"Sementara ini kita masih melakukan penghalauan kera itu melalui keahlian teman-teman dan belum berani menindak lebih lanjut, karena ini perlu dirembuk yang matang dengan pihak BKSDA, bagaimana baiknya," kata Joko.

Dia juga mengimbau kepada warga bila kera itu kembali ke pemukiman rumah dan merusak barang-barang milik warga agar segera melaporkan kejadian itu kepada BPBD Kabupaten Tuban.[hud/rom]