Kera Lepas, Rusak Barang di Rumah Warga

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kera berekor panjang milik salah satu warga di Kelurahan Perbon, Jumat (28/12/2018) lepas. Akibatnya, barang milik sejumlah warga yang berada di kawasan Jalan Jambu, Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban rusak.

Salah satu warga Kelurahan Perbon, Emi mengaku resah dengan keberadaan kera berekor panjang milik salah satu warga yang lepas tersebut. Menurutnya, kera itu sudah terlihat lepas sejak bulan September yang lalu, dan sudah merusak sejumlah barang milik warga.

"Sudah sejak bulan September lalu kera itu mulai terlihat di pagar rumah saya dan rumah tetangga," terang Emi kepada blokTuban.com.

Emi juga mengaku khawatir dengan keberadaan kera itu, lantaran beberapa hari yang lalu juga sempat merusak lampu kaca yang berada di rumahnya dan antena parabola milik tetangganya. "Khawatir dengan adanya kera itu, terlebih di sini juga banyak anak-anak kecil," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono menyampaikan sudah sejak bulan September lalu menerima laporan dari warga terkait keberadaan kera yang meresahkan ini.

"Kali ini kita coba menggiring dan mendekati binatang ini, dengan begitu kita bisa melakukan tindakan yang tepat," terang joko.

Menurutnya, dari beberapa kali laporan yang doterima BPBD Kabupaten Tuban, kera itu telah merusak fasilitas rumah tangga seperti antena parabola, kaca dan geteng rumah. "Sehigga warga melaporkan kepada kami karena resah," tandasnya.

Informasi dari BPBD setempat, kera berekor panjang ini merupakan milik salah satu warga yang diduga lepas dari kandangnya, sehingga kera itu datang ke rumah-rumah warga untuk mencari makan. [hud/rom]