Jembatan Darurat Kumpulrejo Bangilan Mulai Dikerjakan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pangkal jembatan Kedungkaloh, Dusun Tuwiwiyan, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban, amblas pada Minggu (23/12/2018) petang. Akibatnya jembatan yang panjangnya 12 meter ini kondisinya memprihatinkan.

Dampak kejadian itu, akses roda empat dari Kecamatan Bangilan ke Tambakboyo atau sebaliknya juga terputus. Jalur tersebut hanya bisa dilalui roda dua. Namun pengendaranya harus ekstra hati-hati.

Sebagai langkah cepat mengatasi terputusnya akses ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tuban akan membuat jembatan darurat sebagai pengganti jembatan Kedungkaloh, Kumpulrejo itu.

"Akan kita buatkan jembatan sementara khusus roda dua," ungkap Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas PUPR Bangilan, Jiran, Kamis (27/12/2018).

Pantauan blokTuban.com di lokasi, pekerja telah diturunkan untuk memulai pengerjaan jembatan sementara. Mereka mulai menggali tanah untuk pondasi di kedua bibir sungai dan memotong pilar jembatan lama untuk konstruksi jembatan sementara ini.

"Estimasi waktu pembuatan jembatan sementara ini sekitar satu bulan," imbuh Jiran.

Data yang berhasil dihimpun, jembatan darurat ini akan menggunakan konstruksi besi dan papan di bagian atasnya. Lebar jembatan akan dibuat 2 meter, sedangkan panjangnya 20 meter. [rof/ito]