Ha...Usia Muda Dominasi Penderita Hipertensi dan Diabetes

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Seiring perkembangan zaman saat ini,  pola makan dan gaya hidup menjadi faktor tak terbantahkan yang memengaruhi kesehatan sesorang. Di samping itu, kebanyakan orang khususnya anak muda lebih memilih makan yang tidak sehat dengan kandungan gula, garam dan lemak yang tinggi. Hal ini yang memicu saat ini banyak anak muda yang sudah terkena penyakit tidak menular yang serius seperti hipertensi dan diabetes.

Hipertensi adalah penyakit dengan tekan darah yang terlalu tinggi biasa disebabkan kebanyakan makan instan, merokok dan jangfood. Sedangkan diabetes disebabkan karena sering mengkonsumsi yang manis-manis. 

Pada tahun 2018 sampai bulan November penderita hipertensi di Tuban mencapai 1.206, sedangkan penderita diabetes mencapai 637. Ironisnya, para pederita umurnya di bawah 30 tahun. 

"Kebanyakan dikarenakan pola hidup, bahkan pernah ada umur 20 tahun yang sudah terkena diabetes," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinkes Tuban, Fatkur. 

Lebih lanjut, untuk mengidentifikasi penyakit tidak menular pada anak muda saat Ini usia 15 tahun sudah diwajibkan untuk melakukan cek-up kesehatan. Setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban sudah menyediakan layan cek-up untuk mengetahui kolesterol, gula darah, asam urat secara gratis.

"Saat ini setiap Puskesmas sudah ada Pospindu Penyakit Tidak Menular (PTM) dan anak usia 15 tahun diwajibkan untuk melakukan cek-up," ungkapnya. [nid/col]