Tetap Waspadai Lokasi Rawan Longsor di Kesamben Ini

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Musim hujan dengan berbagai tingkat intensitasnya, kerap kali menimbulkan kekhawatiran khusus bagi masyarakat yang bermukim di wilayah rawan bencana.

Demi mengantisipasi hal yang tak diinginkan, Sekretariat Bersama (Sekber) Relawan Kecamatan Plumpang juga telah melakukan giat survei yag menyasar titik maupun lokasi rawan longsor.

"Kemarin sore, kita survei lokasi rawan longsor. Lokasinya yang berhadapan langsung dengan bekas Danau Kesamben itu," terang Slamet Sugianto selaku Koordinator Sekber Relawan Plumpang, usai melakukan survei sekitar Desa Kesamben, Kecamatan Plumpang.

Pihaknya juga menambahkan, lokasi yang telah diberi himbauan agar tetap berhati-hati saat melintasi jalur alternatif menuju Kecamatan Grabagan, Desa Ngino, serta jalur Tuban kota itu, sebelumnya pernah longsor sampai menutup sebagian akses jalan sekitar bulan Ramadan lalu.

"Alhamdulillah masih aman. Babinsa Desa Kesamben sudah mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan berhati-hati jika melewati jalan tersebut," jelasnya lagi.

Selain itu, dari hasil survei di sejumlah lokasi rawan longsor sementara ini, pihaknya belum menemukan titik lokasi yang terindikasi bahaya rawan longsor.

"Data sementara hanya itu. Di perbukitan sekitar Dusun Kesamben Barat," ‎ungkapnya kepada blokTuban.com, Rabu (26/12/2018).‎ [feb/ito].