Kelompok Tani, Wadah Serba Guna untuk Anggota

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - ‎Sebagai wadah penghimpun para petani dengan tujuan meningkatkan sumber daya, serta membangun komunikasi yang baik, Kelompok Tani (Poktan) juga memiliki sejumlah fungsi dan manfaat yang penting, guna pemberdayaan tani yang maksimal.

Salah satu keuntungan tergabung dalam kelompok tani, ‎tetu bisa mempermudah mendapat akses pupuk yang katanya selalu langka, bahkan mahal tak sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah disarankan pemerintah pusat. Selain itu, pemanfaatan bantuan Alat Mesin Tani (Alsintan) juga mudah diperoleh atas nama satuan Kelompok tani.

"Maka dari itu, petani kalau ingin mempermudah akses dalam pertanian, juga harus bergabung dalam suatu Kelompok Tani," ujar Afwan Maksum, Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur.

Pihaknya menambahkan tentang pola-pola meningkatkan perekonomian petani lewat produktifitas olah lahan. Sejumlah keuntungan bisa dirasakan, jika petani sudah terhimpun dalam sebuah kelompok. 

Tentu dengan prosesdur yag ada, kelompok tani yang beranggotakan 30 hingga 70 orang harus melakukan pembentukan awal. Merancang struktur kepengurusan, berikut AD/ART yang digunakan, kemudian diajukan kepada penyelenggara pemerintahan di atasnya, yakni desa.

"Tak ada aturan khusus tentang jumlah maupun banyaknya kelompok tani tiap desa, tak ada batasan. Petani boleh membuat kelompok sendiri, untuk menc‎apai sebuah hasil dan tujuan yang lebih baik," jelas dewan yang juga ikut mencalonkan legislatif wilayah Tuban dan Bojonegoro pada tahun 2019 itu. [feb/col]