Replikasi Biogas, TPID Bangilan Study Tiru ke Glodok

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tim Pelaksana Inovasisi Desa (TPID) Kecamatan Bangilan mengunjungi Desa Glodok, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Selasa (25/12/2018). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka Study Tiru dan Replikasi Inovasisi Desa Glodok.

"Selama satu hari kita akan belajar bagaimana berinovasi dalam pengelolaan energi alternatif, biogas di desa ini," kata ketua TPID Bangilan, Harun Al Rasyid di Desa Glodok, Selasa (25/12/2018).

Dijelaskan Harun, Study Tiru ini merupakan wujud komitmen dari Pemerintah Desa Sidodadi dengan Desa Glodok pasca Bursa Inovasisi Desa (BID) pada 19 November lalu. Pasca Study Tiru ini, lanjut dia, akan direplikasi di Desa Sidodadi yang didukung Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) 2019.

"Semoga apa yang akan kita dapat dari Glodok bisa direplikasikan di desa kami, terkait inovasisi biogas dan turunannya," ucapnya menambahkan.

Sementara Kepala Desa (Kades) Glodok, Sujianto mengatakan, saat ini di desa yang ia pimpin sudah ada 42 unit biogas yang dikelola warganya. Inovasisi biogas di desa jalur pipa ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) ini diklaim dapat mengurangi biaya hidup masyarakat setempat.

"Sejak 2015 hingga saat ini sudah ada 42 unit biogas yang dikelola kelompok masyarakat kami. Inovasisi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Semoga bisa direplikasikan di Kecamatan Bangilan," tukasnya.[rof/dy]